Netflix merilis sekuel dari Knives Out dengan judul Glass Onion: A Knives Out Story. Film kedua ini tidak melanjutkan cerita dari film pertama, hanya saja mengisahkan petualangan lain dari tokoh utamanya, Detektif Benoit Blanc, dalam mengungkap kasus pembunuhan misterius. Sedikit lebih ringan dari film pertamanya, Glass Onion tetap memberikan hiburan yang segar, memiliki unsur komedi, namun tetap misterius. Inilah review Glass Onion dari sudut pandang redaksi Kamusfilm.

Sebelum menyelam lebih dalam ke review Glass Onion, mari terlebih dahulu membahas sinopsis Glass Onion, kemudian siapa saja sineas dan filmmaker yang terlibat di dalamnya.

Sinopsis Glass Onion

Salah satu adegan Film Glass Onion

Sinopsis Glass Onion mengisahkan tentang enam kawan lama bertemu kembali di sebuah pulau pribadi di Yunani. Miles Bron, salah satu dari mereka adalah miliarder sukses yang mengundang kelima temannya untuk menghabiskan akhir pekan di pula pribadi miliknya.

Selain kelima orang yang sudah lama saling kenal, ada satu orang asing yang turut diundang. Ia adalah Benoit Blanc, detektif terbaik di dunia. Niatan awal Miles Bron mengadakan acara tersebut selain temu kangan adalah untuk bermain “Siapa yang Membunuhku?”. Miles telah menyiapkan permainan di mana dia diceritakan tewas dan kawan-kawannya bertugas untuk mencari pembunuhnya.

Seperti rencana yang asyik bukan?

Meski terdengar mengasyikan, sebenarnya persahabatan mereka sedang tidak baik-baik saja. Semua sudut pandang berubah karena uang. Ada yang dikhianati, ada yang kondisinya diujung tanduk, ada juga yang selingkuh. Semua orang memiliki kepentingan bisnis dengan Miles Bron yang bisa menguntungkan bisa juga menghancurkan. Hal tersebut membuat mereka semua memiliki modus untuk membunuh miliarder tersebut.

Meja Bundar awal dari sebuah misteri pembunuhan.

Sutradara & Pemain Glass Onion

Glass Onion ditulis ceritanya oleh Rian Johnson dan langsung disutradarai olehnya. Cerita ini orisinal buatan Rian Johnson yang terinspirasi dari banyak cerita detektif klasik. Rian merupakan sutradara yang cukup sukes, ia mengawali karier di penyutradaraan film panjang sejak 2005.

Film pertamanya Brick (2005) mendapatkan respons positif baik dari segi kritik maupun segi bisnis. Kemudian dia muncul lagi dengan Looper (2012), setelah itu ada Stars Wars: The Last Jedi (2017), baru kemudian disusul dengan dua film Knives Out.

Glass Onion diisi oleh nama-nama besar, mulai dari Daniel Craig, Edward Norton, Kate Hudson, Dave Bautista, Jessica Henwick, Leslie Odom Jr., dan Madelyn Cline.

Glass Onion Review

Jika dibandingkan dengan Knive Out, Glass Onion menyajikan kisah pembunuhan yang sedikit lebih sederhana dan tidak terlalu rumit. Hal ini karena dari awal ceritanya hanya mengisahkan sekemlompok teman lama yang akan bereuni.

Meski demikian, film ini memberikan plot twist kematian yang kemungkinan besar para penonton tidak menduganya. Pasti orang-orang yang membaca sinopsis atau menonton trailernya, menduga Miles Bron yang akan tewas. Identik dengan formula Knives Out di mana korbannya konglomerat. Di Glass Onion korbannya bukan si paling kaya dan juga tak hanya ada satu korban saja.

Meskipun berlabel film detektif misteri, Glass Onion terbilang cukup ringan. Semua pengungkapan misteri di dalamnya menggunakan teknik plot hole yang diungkap di tengah dan akhir film. Oleh karena itu bagi penonton yang kurang suka disuruh berpikir dan menyimpulkan sesuatu saat nonton film, masih cocok untuk menonton Glass Onion.

Ada yang beda dari Benoit Blanc di Glass Onion. Dia tambil lebih comical, norak, dan memiliki aksen yang unik. Kemungkinan besar ini dibuat untuk menambahkan sisi komedi dari film. Meski demikian, saat membahas kasus, Benoit bisa berubah drastis menjadi tegas dan meyakinkan.

Film ini cocok buat penyuka drama misteri ringan namun ada sentuhan komedinya. Film ini juga mengangkat nilai moral paling relate dalam kehidupan manusia. Yaitu uang mengubah kesetiaan beberapa orang. Bila Anda sedang mengalami hal serupa dalam hidup ini, mungkin Glass Onion bisa jadi sebuah relaksasi tersendiri agar Anda lebih terhibur.

Rekomendasi Film Serupa Glass Onion

Apabila setelah nonton film ini Anda suka dengan ceritanya, maka Anda harus menonton film pertamanya, Knives Out. Selain itu, ada rekomendasi serupa seperti Enola Holmes 2, The Hateful Eight, Murder on the Orient Express, Death on the Nile, dan Bad Times at El Royale.

Yuk Langganan Artikel Terbaru Kamusfilm

Cukup pakai email bisa dapatkan konten terbaru kamusfilm.