Rekomendasi film dokumenter Netflix kali ini akan berbeda dengan film dokumenter lainnya. Judul-judul yang dipilih redaksi Kamusfilm adalah film dokumenter yang ceritanya dikemas lebih modern dan tidak akan membosankan. Apa saja sih rekomendasi dokumenter Netflix versi Kamusfilm?

Apa itu Film Dokumenter?

Sebelum lebih jauh membahas film-film dokumenter yang tayang di Netflix, mari kita terlebih dahulu membahas pengertian film dokumenter. Dalam bahasa Inggris disebut, ‘Documentary’ artinya sebuah laporan aktual tentang suatu hal, baik tertulis, tercetak, atau dalam bentuk apapun yang memungkinkan.

Jadi intinya film dokumenter adalah sebuah dokumentasi tentang sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi. Dalam perkembangannya muncul juga film dokumenter yang disebut Docu-drama, biasanya film dokumenter tipe ini meng-highlight hal-hal penting dari ceritanya dan membungkusnya seperti sebuah drama. Sebuah reka ulang yang dibuat semirip mungkin dengan peristiwa asli.

Perkembangan zaman membuat reka ulang dalam film dokumenter lebih bervariasi. Tak hanya reka ulang menggunakan pemeran pengganti, kini sudah banyak docu-drama yang melengkapi ceritanya dengan animasi. Bahkan foto-foto saat peristiwa bisa dibuat menjadi sangat menarik.

Rekomendasi Film Dokumenter Netflix

Tak hanya memiliki film dan serial fiksi, menurut redaksi Kamusfilm, Netflix juga merupakan rumah bagi film-film dokumenter berkualitas. Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberi rekomendasi lima judul rekomendasi film dokumenter Netflix. Artinya film dokumenter ini tayang di platform Netflix.

Operation Varsity Blues: The College Admissions Scandal

Film Dokumenter Operation Varsity Blues: The College Admissions Scandal dirilis pada 2021. Cerita yang diangkat bisa dibilang masih segar, karena peristiwanya meledak pada 2019. Seperti judulnya, film dokumenter ini membahas tentang skandal penerimaan di berbagai perguruan tinggi bergengsi di Amerika Serikat.

Tak seperti film dokumenter pada umumnya, Operation Varsity membuat reka ulang hampir di seluruh film dengan tambahan wawancara orang-orang terkait. Uniknya, semua percakapan dalam reka ulang itu diambil dari percakapan asli yang disadap pihak berwajib.

Dalam film dokumenter itu terungkap banyak nama-nama besar di AS yang sengaja membayar agar profil anak-anak mereka sesuai untuk masuk ke universitas bergengsi. Otak dari skandal ini bernama Rick Singer, seseorang yang membuka layanan penerimaan mahasiswa ke universitas. Kalau di Indonesia sih mungkin mirip guru les PMB.

Operation Varsity Blues memberikan gambaran bagaimana mengerikannya kalau kercerdasan digunakan untuk keburukan. Lebih mengerikan lagi banyak orang-orang super kaya yang menggunakan uang mereka untuk melakukan segala hal tak peduli melanggar hukum atau tidak.

Greatest Events of WWII in Colour

Bagi penyuka sejarah, dokumenter ini sangat cocok sebagai hiburan ringan. Greatest Events of WWII in Colour mengisahkan momen-momen krusial di masa Perang Dunia II. Uniknya dokumenter ini mengubah dokumentasi yang sebelumnya hanya hitam putih menjadi berwarna.

Greatest Events of WWII in Colour dirilis pada 2019, awalnya dokumenter ini merupakan mini seri yang tayang di saluran TV Discovery. Akhirnya kini hak tayangnya dibeli oleh Netflix.

Mini seri dokumenter ini mengisahkan secara total sepuluh episode yang masing-masing mengisahkan 10 momen bersejarah selama PD II.

Penonton akan dibawa dari satu momen ke momen lainnya secara bertahap. Hingga akhirnya perjalanan berhenti di Hiroshima.

Worst Roommate Ever

Worst Roommate Ever merupakan Sebuah serial dokumenter tentang kejahatan. Satu hal yang sama di tiap episodenya adalah pelaku kejahatan merupakan teman se-kos atau se-kontrakan dari korban. Para korban ini dijahati oleh orang-orang terdekat mereka. Sungguh mengerikan.

Worst Roommate Ever merupakan miniseri dokumenter yang tayang pada 2022. Isinya lima episode tentang peristiwa kejahatan yang dilakukan orang-orang se-kosan atau se-kontrakan.

Tiap episode dikemas dengan sangat menarik sehingga penonton tidak lekas bosan. Kita seperti menonton sebuah drama tragedi dan menunggu untuk mengetahui siapa pelaku kejahatan.

Salah satu episode paling mengerikan adalah epiosde pertama Call me Granmda, yang mengisahkan pembunuhan berantai memanfaatkan celah dana dinas sosial di salah satu daerah di Amerika Serikat.

The Tinder Swindler

The Tinder Swindler merupakan salah satu Film dokumenter dari Netflix yang cukup viral dan dampaknya cukup nyata. Seperti judulnya, Film dokumenter ini mengisahkan seorang pengguna media sosial perjodohan Tinder. Pria itu menggunakan nama Simon Leviev. Menggunakan hal-hal serba mewah dan kharismanya, Simon menipu perempuan-perempuan Eropa yang pernah menjadi teman kencannya.

Kurang lebih ada enam perempuan (yang terlacak) yang menjadi korban tipu muslihat dari Simon Leviev. Penipuan Simon mulai terungkap berkat salah satu korbannya berani bercerita ke sebuah surat kabar di Norwegia.

Melalui penelusuran dan penyelidikan berlapis-lapis, akhirnya pola penipuan Simon bisa dirangkai. Bahkan para korban yang saling membaca laporan koran Norwegia itu saling berkomunikasi. Hingga puncaknya salah satu korban berhasil menjebak Leviev di Jerman sehingga dia bisa dideportasi kembali ke negaranya, Israel.

Teman-teman harus menonton dokumenter ini dengan sabar. Apalagi setelah membaca berita-berita terkait Simon setelah film dokumenter ini Viral. Kita semua pasti sekali lagi akan merasa bahwa memang benar banyak hal yang tidak adil di dunia ini.

History 101

History 101 merupakan Miniseri dokumenter yang mengisahkan sebuah penemuan atau momentum perubahan dari berbagai belahan dunia. Peristiwa yang dikupas memberikan dampak besar bagi hampir semua negara di dunia. Cocok nih buat penyuka sejarah dan ilmu pengetahuan umum.

History 101 tayang pada 2020. Visual mini seri dokumenter ini sangat menarik sehingga kita tidak sedang seperti belajar materi berat. Pembahasannya mulai dari fast food, polusi plastik, hingga awal mula AIDS.

Itulah lima rekomendasi film dokumenter Netflix. Semuanya memiliki keseruan dan informasi masing-masing. Intinya film atau mini seri dokumenter tersebut merupakan tontonan yang tak hanya menghibur namun juga mengedukasi.