Film Hollywood Joker yang dirilis 2019 lalu bisa dibilang cukup menghebohkan. Film ini memiliki sumber cerita dari komik superhero, namun cara mengadaptasinya tak seperti film-film superhero yang kini populer. Kini, tiga tahun berselang, sutradara Joker, Todd Philips, mengonfirmasi perkembangan terbaru proyek Joker 2. Potensi judul untuk sekuelnya terungkap.

Informasi terbaru ini diungkap oleh Todd Philips melalui akun instagram pribadinya @toddphilips, (08/06). Dalam unggahannya, Todd Philips tidak menuliskan caption apapun. Dia hanya menguggah dua foto.

Foto pertama adalah sebuah sampul skenario film bertuliskan Joker: Folie a Deux. Skenario itu ditulis oleh Todd Philips bersama Scott Silver. Meski tidak diberi keterangan apapun, netizen dan banyak media-mediabesar dari Amerika Serikat mengungkapkan bahwa unggahan tersebut seperti sebuah konfirmasi mengenai judul Joker 2.

Di foto kedua ada seorang pria yang diduga Joaquin Phoenix sedang membaca buku yang diprediksi kuat sebagai skenario Joker: Folie a Deux.

Joker 2 Lebih Mendalami Cerita Tentang Kesehatan Mental

Unggahan Todd Philips
Unggahan Todd Philips

Meski dalam postingan Todd Philips itu tidak diberi keterangan apapun, judul yang tertulis di buku skenario itu bisa diambil sebagai sebuah petunjuk. Kemungkinan besar cerita Joker 2 akan lebih merasuk permasalahan kesehatan mental.

Dugaan tersebut karena di bawah kata Joker dituliskan istilah yang dikenal dalam dunia kesehatan mental Folie a Deux. Istilah tersebut diambil dari bahasa Prancis di mana dalam bahasa Inggris diartikan dengan Madness for Two atau biasa juga disebut dengan Shared Psychotic Disorder.

Folie a Deux berarti kondisi di mana dua orang atau lebih memiliki kelainan mental yang identik. Hal tersebut bukan berarti kelainan mental menular, namun folie a deux lebih menggambarkan sebuah kondisi di mana penderita kelainan mental tinggal bersama orang-rang terdekat dan penderita itu menjadi sosok dominan.

Keterangan Folie a Deux di skenario Joker 2 bisa membuka teori liar dari para fans yaitu kemungkinan munculnya tokoh yang dekat dengan Arthur Fleck yang diperankan oleh Joaquin Phoenix. Tokoh tersebut berbagi kegilaan dengan Arthur dan mereka bersama-sama melakukan hal-hal  yang tidak akan kita bayangkan sebelumnya.

Joker (2019) Meraih Banyak Penghargaan

Di tengah-tengah popularitas film-film superhero muncul Joker  di mana cerita superher diadaptasi dengan cara yang berbeda. Meski dalam komiknya Joker adalah musuh Batman, dalam film Joker, karakter tersebut dibuat sangat manusiawi.

Tidak ada unsur kejahatan super, atau pahlawan super. Lebih banyak disorot tentang kondisi sosial di masyarakat yang kerap ada ketimpangan. Film ini malah menjadi sebuah kritik sosial dan menyindir banyak pihak tentang pentingnya kesehatan mental.

Joker meraih 11 nominasi pada Oscars 2020 dan memenangkan dua di antaranya, yakni aktor utama terbaik untuk Joaquin Phoenix dan Musik Orisinal Terbaik untuk Film. Tak hanya itu, Joker juga menyabet penghargaan di BAFTA Awards 2020, SAG Awards 2020, dan masih banyak lagi.