Akhirnya, setelah menunggu sejak 2019, kita bisa melanjutkan petualangan seru El dan sahabat-sahabatnya. Kini upside down memunculkan sebuah ancaman baru yang belum pernah ada sebelumnya. Stranger Things Season 4 bagian pertama mulai tayang di Netflix 27 Mei 2022. Disclaimer: Artikel ini penuh dengan spoiler

Stranger Things Season 4 dibagi menjadi dua bagian, yakni bagian pertama sebanyak tujuh episode. Kemudian pada 1 Juli 2022 dirilis Stranger Things Season 4 bagian kedua. Apabila teman-teman sudah mengikuti Stranger Things dari musim pertama, pasti sudah mengenal skema cerita di tiap musimnya.

Serial Stranger Things akan membuat penonton sebagai all seing eye kita akan diposisikan sebagai tokoh yang mengetahui semua hal. Nah di sisi lain para tokoh-tokoh utama di serial ini akan dibuat terpisah-pisah, masing-masing grup akan mengikuti petunjuk masing-masing. Biasanya mereka akan bersatu di dua episode terahkhir sebelum akhirnya tamat.

Nah, di musim tayang keempat ini skala pemecahan ceritanya bisa dibilang grande. Kini petualangan tak hanya terjadi di Desa Hawkins saja, tapi ada yang berpetualang dari California menuju Nevada, ada yang terbang ke Alaska kemudian berpetualang ke Kamchatka, Rusia. Tentunya juga ada petualangan seru di Hawkins.

Semua petualangan tersebut terpisah dan penonton harus mencerna semuanya di Stranger Things Season 4 bagian pertama. Iya, di Stranger Things Season 4 bagian pertama kita disuguhi dengan segudang konflik yang ga ngebiarin kita santai-santai.

Poster Stranger Things Season 4
Poster Stranger Things Season 4

Pemain Semakin Dewasa

Salah satu hal yang paling terasa di Stranger Things Season 4 adalah para pemain yang dulunya bocil, sekarang nampak sudah matang. Mereka sudah dewasa. Perubahan yang paling terasa ada pada tokoh Mike Wheeler (Finn Wolfhard) yang menurut saya menjadi lebih tinggi dan kurus.

Karena pemain semakin dewasa, kisah percintaan pun jugaberubah menjadi dewasa. Tak ada lagi hal-hal konyol kekanak-kanakkan seperti musim-musim sebelumnya. Mungkin karena konflik yang harus dibahas cukup kompleks, jadi cerita percintaan antar-tokoh tidak terlalu diekspose.

Max (Sadie Sink) yang di musim sebelumnya bisa dibilang bukan tokoh sentral, di momen-momen awal Stranger Things Season 4 bagian pertama, Max cukup menonjol. Hal ini sangat bagus karena penonton tidak menjadi bosan karena harus berfokus pada El (Milly Bobby Brown).

Rasa kangen terhadap para karakter di Stranger Things seolah-olah diaduk-aduk di Stranger Things Season 4 bagian pertama. Karena kita dihadapkan dengan kondisi cerita di mana mereka tak lagi bersama di satu lokasi.

Mereka berada di lokasi-lokasi yang berbeda menghadapi masalah mereka masing-masing. Jadi sebagai penonton rasanya belum puas kalau belum menonton para karakter utama berada di satu layar. Hingga akhir Stranger Things Season 4 bagian pertama kita tidak diberikan bonus apapun. Bahkan Dustin dan kawan-kawan di Hawkins tidak bisa menghubungi Mike dan Will. Di sisi lain Mike dan Will sedang bingung untuk melacak lokasi El.

Origin Story Eleven

Sebenarnya kalau dipikir-pikir kita sudah diberi tahu mengenai cerita asal muasal El di musim pertama Stranger Things. Namun bisa dibilang cerita itu hanya permukaannya saja. Ada bertahun-tahun pengalaman El di laboratorium Hawkins yang kita belum tahu.

Stranger Things Season 4 bagian pertama membuka cerita itu sehingga beberapa hal menjadi semakin jelas. El yang kehilangan kekuatan di musim ketiga harus berusaha untuk mendapatkan kembali kekuatannya agar bisa mengalahkan makhluk misterius yang meneror Hawkins.

Salah satu cara agar kekuatan El kembali adalah dia harus mau kembali ke sebuah laboratorium. Disitulah dia kembali bertemu Papa yang ternyata belum mati. Dr. Martin Brenner (Matthew Modine) masih hidup.

Dr. Brenner percaya kalau El bisa mendapatkan kembali kekuatannya dengan mengingat kembali masa-masa dia berlatih. Di sinilah secara tidak langsung masa lalu El diceritakan.

Semenjak di Lab Hawkins El sudah dianggap berbeda. Dr Brenner menganggap dia bakal menjadi yang paling kuat. Di sisi lain El tidak terlalu menonjol dibandingkan anak-anak lain, hal ini membuat El dibenci beberapa senior.

Dalam memori El, dia kerap didekati oleh seorang perawat yang tidak disebutkan namanya. Awalnya perawat ini cukup mencurigakan, namun setelahnya dia membantu El dalam beberapa kesempatan.

Perawat itu menyuruh El mengingat memori dia saat marah untuk mengumpulkan kekuatan saat sparing dengan anak-anak lain. Pada kesempatan itu El terbukti menang. Namun kemenangan El membuat senior-senior lain semakin benci dengan El.

Nomor 1 Memang Ada

Dari masalalu El kita diberitahu bahwa anak-anak di Lab. Hawkins percaya bahwa tidak ada yang nomor 1, anak-anak berbakat itu dimulai dari no.2. Namun ternyata cerita itu bohong belaka. Perawat yang membantu El adalah si nomor 1. Dia sudah dewasa dan kekuatannya sudah stabil.

Belum diketahui apa penyebabnya, si No.1 diberi alat agar kekuatannya bisa terkunci. Itulah yang membuat dia menuruti Dr. Branner dan menjadi perawat di Lab. Hawkins. Sebagai perawat, no.1 terlihat sangat memperhatikan El. Dia memberi berbagai petuah, hingga akhirnya membantu El untuk melarikan diri.

Saat akan melarikan diri, no.1 membohongi El kalau di dalam tubuh no.1 ada tracker pelacak sehingga dia tidak bisa pergi kemana-mana. Iba, El pun membantu dengan cara melepaskan alat pelacak itu. Padahal alat itu berfungsi untuk meredam kekuatan no.1.

Pembantaian pun dimulai. No. 1 ternyata memiliki kekuatan yang cukup besar dan kondisinya yang sudah dewasa membuat dia mampu mengatur kekuatannya dengan lebih stabil dan mematikan.

Hampir semua penghuni Lab. Hawkins dibunuh no.1, kecuali El dan dr. Brenner yang entah kenapa bisa selamat. El akhirnya mnghadapi no.1 dan menemukan motivasi sebenarnya untuk mendapatkan kekuatan yang lebih kuat dari no.1

Adegan ini seperti menceritakan awal mula upside down dan sebenarnya siapa yang mengontrol makhluk-makhluk di dimensi antah berantah tersebut.

Dustin & Kawan-kawannya di Stranger Things Season 4
Dustin & Kawan-kawannya di Stranger Things Season 4

Petualangan Saling Terhubung

Momen-momen akhir Stranger Things Season 4 bagian satu mengungkapkan adanya hubungan erat antara Vecna dan El. Nancy Wheeler bisa jadi menjadi pertama yang menyadari ini semua. Meski petualangan mereka terpisah jauh, tapi secara unik semuanya terhubung.

Stranger Things Season 4 bagian satu memotong ceritanya di tengah-tengah. Namun jangan khawatir, Stranger Things Season 4 bagian 2 akan dirilis pada 1 Juli 2022. El akan mendapatkan kembali kekuatannya dan dia akan membantu teman-temannya di Hawkins melawan makhluk yang bisa jadi menguasai upsidedown.

Yuk Langganan Artikel Terbaru Kamusfilm

Cukup pakai email bisa dapatkan konten terbaru kamusfilm.