Marvel Pictures akhirnya merilis film terbaru berjudul Doctor Strange in the Multiverse of Madness pada awal Mei 2022. Film ini membuka  peluang multiverse yang selama ini sedikit demi sedikit sudah dibuka oleh Marvel Cinematic Universe (MCU). Dalam film tersebut karakter America Chavez merupakan salah satu karakter kunci tentang petualangan antar-dimensi.

Tokoh America Chavez diperankan oleh aktris berdarah Meksiko-Amerika berusia 16 tahun bernama Xochitl Gomez. Dalam artikel kali ini redaksi tidak akan banyak membahas karakter America Chavez versi Doctor Strange in the Multiverse of Madnes.

Hal tersebutkarena versi MCU adalah versi adaptasi dari karaktier orisinil versi komik, oleh karena itu dalam artikel kali ini akan membahas biodata America Chavez versi komiknya yang tentunya lebih lengkap dan lebih terstruktur. Karakter ini pertama dimuat dalam komik pada 2011. Merupakan karakter yang diciptakan oleh Joe Casey dan Nick Dragotta.

America Chavez dalam komik (sumber: Marvel.com)

Asal Muasal America Chavez

Dihimpun dari laman marvel.com dan marvel.fandom.com, America Chavez berasal dari sebuah dimensi alam semesta yang berbeda dari alam semesta pada umumnya.  Semesta tempat America hidup terbentuk dari kekuatan misterius yang tidak terikat dengan konsep ruang dan waktu yang dikenal manusia pada umumnya.

Saat berusia enam tahun, ada kekuatan misterius yang mengancam kehidupan antar-dimensi, untuk mencegahnya, kedua orang tua America mengorbankan nyawa. Karena bersedih dan kebingungan, America kecil akhirnya menggunakan kekuatan untuk membuka gerbang antar-dimensi yang mempertemukan dia dengan bumi. Akhirnya dia hidup di bumi dan menjadi salah satu pelindungnya.

Dalam kisah lainnya, diceritakan America yang tinggal di sebuah alam semesta, sebenarnya memiliki adik bernama Catalina. Ia dan Catalina mengidap penyakit langka. Untuk penyembuhan, mereka berdua dibawa ke sebuah laboratorium super canggih. Kedua ibu mereka, Amalia dan Elena Chavez merupakan ilmuwan genius.

Dalam prosesnya, America lebih dahulu menunjukkan tanda-tanda kesembuhan. Kekuatan aslinya muncul. Seseorang jahat malah ingin memanfaatkan kekuatan America, kedua orang tua America dan Catalina tewas saat menggagalkan hal tersebut. Bahkan America juga kehilangan Catalina saat berusaha melarikan diri menggunakan gerbang antar-dimensi. America tiba di bumi dengan kondisi amnesia.

Aksi Xochitl Gomez memerankan America Chavez di Docrtor Strange 2

Bisa Membuat Portal Antardimensi

America Chavez memiliki kekuatan yang unik. Selain super kuat, dia bisa terbang, bisa berinteraksi dengan makhluk-makhluk tak biasa antar-dimensi. Salah satu kekuatan paling unik milik  America Chavez adalah bisa membuat gerbang antar-dimensi secara instan hanya dengan tinju atau hentakan kaki.

America Chavez bisa berpindah dari satu alam semesta ke semesta lain melalu gerbang berbentuk bintang yang dia ciptakan. Hal inilah yang membuat America disebut pahlawan super antar-dimensi. Meski bisa berpindah-pindah, America memilih bumi sebagai tempat tinggalnya.

Setelah meninggalkan semesta asalnya. America menjelajah berbagai dimensi alam semesta untuk membasmi kekuatan jahat. Di Bumi America sempat bergabung dengan Teen Brigade, sebuah organisasi rahasia yang berisi remaja dengan kekuatan super.

Bersama Teen Brigade, Amecia menjelajah antar-dimensi untuk membasmi kekuatan jahat. Salah satu yang pernah dilawan America dan Teen Brigade adalah Mother, sebuah makhluk antar-dimensi yang berniat untuk mengambil kekuatan milik Wiccan yang bisa mengontrol pikiran makhluk lain dan menghidupkan yang telah mati.

Selain Teen Brigade, America juga pernah tergabung dalam Young Avengers.Selain itu dia juga pernah tergabung dalam grup superhero bernama A-Force. Setelahnya ia juga pernah tergabung dalam West Coast Avengers.

Kelemahan America Chavez

America Chavez memilikui kelemahan bernama edges syndrome yang merupakan penyakit bawaan sejak lahir. Penyakit ini sebenarnya sudah disembuhkan oleh orang tua America, yang membuat America memiliki kekuatan super yang tak terbatas.

Diceritakan dalam komiknya, 13 tahun setelah disembuhkan, penyakit edges syndrome kembali menjangkiti America. Menyebabkan kekuatannya melemah dan tubuhnya pun menjadi terdampak efek ruang dan waktu.