Akhir maret 2022, Marvel kembali merilis serial terbaru di Disney plus. Kali ini giliran Moonknight memasuki jagat sinema Marvel.  Saat artikel ini ditulis, Serial Moonknight baru rilis episode pertama, sehingga belum banyak detail yang bisa didapatkan. Namun secara umum, dari episode pertama itu kita bisa mengetahui perbedaan Moonknight Marvel versi komik dan versi serial.

Moonknight Marvel Versi Serial Disney Plus

Dari episode perdana Moonknight, penonton dibawa untuk mengetahui kehidupan seorang pegawai toko aksesoris di sebuah museum barang-barang Mesir kuno. Pria itu adalah Steven Grant, pria yang bisa dibilang cupu, namun cerdas.

Steven ini memiliki masalah tidur berjalan yang parah. Bahkan dia sampai menambatkan tali ke kakinya agar dia tidak kemana-mana saat tidur. Tak hanya itu, dia bahkan selalu berusaha terjaga setiap malam agar tidak tidur berjalan.

Di sisi lain, Steven sebenarnya memiliki kepribadian ganda sebagai pria bernama Marc Spector. Kalau ditonton dari episode perdana Moonknight, penonton belum bisa menentukan siapa ini Marc Spector. Namun ada informasi dari laman resmi Marvel.com, di laman tersebut disebutkan Marc Spector adalah seorang tentara bayaran.

Dua identitas tersebut kerap berebut untuk saling menguasai, padahal keduanya 180 derajat sangat berbeda. Steven digambarkan sebagai sosok yang lemah, namun Marc adalah sosok kuat yang memiliki kekuatan misterius.

Keadaan semakin tak terkendali karena musuh Steven/Marc akan tetap menyerang tak peduli kesadaran siapa yang sedang menguasai. Laman marvel.com menyebut keduanya akan berpetualang ke dalam permasalahan abadi antara dewa-dewa Mesir kuno.

Moonknight Marvel versi Komik

Kalau versi komiknya kita akan dihadapkan pada kehidupan Marc Spector sebagai identitas utama. Marc lahir dari keluarga terpandang. Perjalanan hidup Marc Spector sungguh tak terduga, ia pernah menjadi petinju, angkatan laut, hingga akhirnya ia menjadi agen CIA bersama kakaknya Randall Spector.

Karier Marc sebagai agen CIA tak berjalan mulus, ia dikhianati oleh Randall yang melakukan kerjasama dengan musuh. Hal itu membuat Marc keluar dari CIA dan terjerumus ke dunia tentara bayaran.

Di masa-masa menjadi tentara bayaran inilah Marc bertemu sahabatnya Jean-Paul Duchamp. Dari tentara bayara Marc terjerumus lebih dalam hingga dia bergabung dengan kelompok teroris bernama Bushman.

Pada suatu momen, Marck dikhianati oleh Bushman. Saat beraksi di sebuah lokasi di Mesir, Marck terluka parah, namun Bushman malah meninggalkannya agar tewas. Di sinilah keajaiban terjadi. Marc terdampar di sebuah makam kuno serta ditolong oleh peneliti bernama Marlene Alaurune. Ia ditolong oleh Dewa kuno asal Mesir bernama Khonshu. Secara misterius, Marc akhirnya selamat. Setelah itu, Marc secara misterius mendapat kekuatan super dan mampu mengacaukan operasi Bushman.

Poster Moonknight

Membuat Identitas Moonknight

Untuk Moonknight versi Disney Plus, kita belum benar-benar mengetahui istilah Moonknight itu datang dari siapa. Namun kalau dalam versi komik, Marc secara sadar membuat identitas superhero bernama Moonknight dan membuat kostumnya. Hal itu ia lakukan untuk membasmi kejahatan

Bahkan, untuk mendukung niatannya menjadi vigilante, Marc membuat dua identitas baru bernaa Steven Grant, seorang milyarder, dan Jake Lockley, seorang sopir taksi. Melalui kostum, nama, dan samaran-samaran itu, Moonknight mulai muncul dan menarik perhatian superhero lain di New York.

Dalam keberjalanannya, kepribadian Marc, Steven, dan Jake sempat kacau dan membuat Marc terpuruk. Bahkan dia beberapa kali harus melawan kakaknya yang memakai alias Shadowknight. Ia juga pernah melawan Dewa Khonsu yang memberinya kekuatan karena si dewa melewati batas.

Moonknight juga pernah bergabung dengan Avengers, membantu Spider-Man, hingga membantu The Defenders.

Cerita Moonknight Marvel Masih Terbuka Lebar

Moonknight versi komik dan Moonknight series di Disney plus memang tidak perlu dibanding-bandingkan. Komik memang asalnya, dan series adalah adaptasinya. Jika dilihat dari episode pertama Moonknight bukan tidak mungkin karakter ini akan memiliki porsi besar di cerita fase terbaru di Marvel Cinematic Universe.

Dilihat dari karakter kekuatan Moonknight, bukan tidak mungkin karakter ini nantinya akan berhadapan dengan Dr Strange. Bisa juga mengenai sejarahnya di komik kalau Moonknight pernah membantu Defenders, bukan tidak mungkin dia menjadi tandem Daredevil.

Intinya ceritanya masih terbuka lebar, sekarang kita hanya perlu menonton setiap episode Moonknight di Disney Plus. Jangan mencari Moonknight sub indo yang bajakan ya.