Di Indonesia, film horor memiliki penggemar yang cukup besar, tak jarang film-film horor mencetak rekor penonton. Bahkan, film horor Makmum 2 menjadi film pertama yang tembus satu juta penonton setelah bioskop kembali di buka di masa pandemi. Produksi film horor kerap menyimpan berbagai cerita seru.

Namanya produksi film horor, pastinya kru dan pemain film akan berkecimpung dengan cerita-cerita horor. Tak ayal, setelah produksi selesai, muncul cerita-cerita misterius yang tak jarang susah dijelaskan dengan akal sehat.

Kali ini redaksi Kamusfilm akan mengkompilasi cerita dan peristiwa aneh yang terjadi saat atau setelah produksi film horor. Beberapa kejadian dalam kompilasi ini bahkan ada yang sampai merenggut nyawa seseorang. Semua cerita dilansir dari laman indiatimes.com.

Tak perlu berlama-lama lagi, simak selengkapnya di bawah ini;

  • The Conjuring

The Conjuring merupakan salah satu film horor terpopuler. Bumbu promosi yang erat dengan peristiwa nyata membuat film ini digandrungi dan membuat penasaran penonton. Ada sebuah peristiwa tak masuk akal yang diklaim terjadi saat proses syuting.

Dikabarkan, keluarga asli yang mengalami peristiwa dalam film The Conjuring menyempatkan hadir di set syuting. Saat mereka datang, angin tiba-tiba berhembus kencang. Hal itu terasa aneh karena para kru tidak melihat pohon bergoyang sedikit pun.

Ibu dari keluarga tersebut menganggap iblis di rumah itu masih memiliki urusan yang belum selesai.

  • The Exorcist

The Exorcist merupakan salah satu film horor fenomenal yang juga diangkat dari peristiwa nyata. Film yang dirilis pada 1973 ini meninggalkan banyak cerita janggal, tak terlepas apa yang terjadi saat proses syuting filmnya.

Saat proses syuting, terjadi kebakaran yang merusak set syuting dan berbagai properti. Anehnya, tidak bisa ditemukan penyebab kebakaran tersebut. Setelah itu, banyak kematian dari kru hingga pemain film. Meski kalau dipikir tidak bisa benar-benar dikorelasikan dengan syuting filmnya.

Aktor Jack MacGowran meninggal sebelum filmnya dirilis. Dikabarkan dia mengidap flu yang menyebabkan komplikasi. Jack meninggal pada usia 54 tahun. Selain itu aktris Vasiliki Maliaros yang meninggal tak lama setelah Jak, aktris berdarah Yunani itu meninggal pada usia 89 tahun. Selain itu ada juga tujuh kru film yang meninggal sebelum film dirilis.

  • The Possesion

The Possesion merupakan film horor yang mengangkat cerita tentang kotak misterius yang menyimpan iblis jahat. Saat proses syuting film ini, beberapa lampu meledak tanpa penjelasan mengenai sebabnya.

Setelah itu beberapa properti film ada yang tiba-tiba rusak dan terbakar. Bahkan properti yang tidak digunakan pun ikut terbakar. Kotak yang digunakan sebagai properti kotak berisi iblis juga ikut rusak tanpa kejelasan sebabnya.

  • The Exorcism of Emily Rose

Film pengusiran setan yang rilis pada 2005 ini juga cukup populer di kalangan pecinta film horor. Film ini dibintangi Jennifer Carpenter sebagai si tokoh utama Emily Rose.

Diceritakan saat syuting alarm milik Jennifer Carpenter kerap menyala dan mati tanpa sebab. Selain itu, alarm untuk semua kru dan artis hanya memunculkan satu lagu saja, Alive yang dinyanyikan Pearl Jam.

  • Annabelle

Annabelle merupakan film tentang boneka yang menyimpan iblis jahat yang meneror orang di sekitarnya. Menurut sutradara filmnya, John Leonetti, ada beberapa peristiwa misterius selama film.

Peristiwa pertama adalah saat sang sutradara melihat tanda cakar tiga di jendela yang berdebu. Hal itu sama persis dengan bentuk iblis di film ini. Selain itu, dalam cerita film, ada seorang pembantu yang dibunuh oleh iblis cakar tiga di sebuah lorong bangunan.

Anehnya, pemain pembantu itu tertimpa lampu kaca di lokasi yang sama saat dia tewas di filmnya.

  • Rosemary’s Baby

Rosemary’s Baby merupakan film horor klasik yang dirilis pada 1968. Film ini banyak disukai karena dianggap sangat menakutkan penonton. Tak hanya ceritanya yang menakutkan, proses syuting Rosemary’s Baby juga menyisakan cerita.

Sang produser, William Castle, mengaku mendapat surat misterius saat proses syuting. Surat tersebut bertuliskan “Membusuklah perlahan dalam penyakit keras menahun,”.

Ternyata, William akhirnya sakit-sakitan hingga beberapa kali dioperasi. Dia dikabarkan kerap sakit parah hingga meninggal karena serangan jantung.

  • Insidious

Insidious merupakan film horor yang menjadi awal dari Insidious franchise yang menghasilkan empat judul. Franchise ini merupakan slaah satu yang terlaris yang pernah dibuat.

Ada cerita horor yang terjadi saat proses syuting. Dalam sebuah adegan di ruang bawah tanah sebuah rumah sakit. Di ruangan tersebut masih ada rekam medis pasien dari tahun 1940an atau 1950an. Saat kru mempersiapkan proses syuting, tiba-tiba hampir semua kru merasakan tak enah badan. Mereka tiba-tiba merasa tak sehat dan harus sering-sering beristirahat.

Kemudian, di lantai satu dan dua ada kamar-kamar untuk pasien. Kalau di lantai dua tidak ada orang sama sekali, seringnya alarm pasien bunyi dengan sendirinya. Bahkan alarm di lantai satu juga kerap bunyi dengan sendirinya.

Peristiwa-peristiwa itu membuat kru film tak berani berkeliaran sendirian di bangunan tersebut. Mereka bekerja secara berkelompok.

Itulah peristiwa-peristiwa tak masuk akal yang terjadi saat syuting film atau setelah syuting film. Ada atau tidaknya kaitan dengan setan tetap sebuah misteri. Teman-teman boleh percaya boleh juga tidak, bebas saja. Artikel ini hanya bacaan ringan di kala senggang. Hati-hati jangan dibaca sendirian. Kadang imajinasimu bisa benar-benar hidup.