The Batman sudah meramaikan jagat perbioskopan baik di tanah air maupun mancanegara. Berbagai review sudah muncul dan mayoritas cenderung positif. Bahkan tak sedikit yang membandingkan The Batman dengan The Dark Knight karya Christopher Nolan. Nah, pada artikel kali ini redaksi ingin berbagi informasi terkait inspirasi Matt Reeves saat menyutradarai The Batman.

Disarikan dari laman Collider.com, ada tujuh film yang dianggap menjadi inspirasi Matt Reeves saat mengembangkan cerita dan konflik di The Batman. Apa saja film yang dimaksud? Simak selengkapnya di bawah ini;

  • Chinatown
Chinatown

Chinatown merupakan film misteri thriller yang dirilis pada 1974. Film yang disutradarai oleh Roman Polanski ini mendapat respons positif dan memenangi satu piala Oscars. Chinatown merupakan film detektif yang tak akan lekang oleh waktu. Film tersebut merupakan perumpamaan dari seorang pria yang yang berjuang melawan kekuatan yang sangat korup. Pria itu berjuang agar kewarasannya tidak hilang.

Chinatown dan The Batman sama-sama menggambarkan kota yang dibangun dengan pilar-pilar kejahatan, keseragahan, dan idealisme. Si tokoh utama berpikir mampu menghancurkan itu semua dan membangun hal baru dari reruntuhan tersebut.

  • Taxi Driver
Taxi Driver

Taxi Driver merupakan film crime drama yang dirilis pada 1976. Percaya atau tidak, sutradara Todd Philips sangat terpengaruh dengan film Taxi Driver saat menggarap film Joker.  Taxi Driver bisa dibilang cocok untuk mengembangkan cerita di mana tokoh utamanya teralienasi.

Matt Reeves pernah mengungkapkan bahwa saat dia melihat adegan di cerita Batman: Year One Matt teringat pada film Taxi Driver. Matt menganggap Bruce Wayne di The Batman mirip dengan tokoh utama Taxi Driver, Travis Bickle, hanya saja Bruce jauh lebih kaya dan tak memiliki masalah saat berbicara dengan perempuan.

  • The French Connection
The French Connection

The French Connection adalah film action, crime, drama yang dirilis pada 1971. Film yang disutradarai oleh William Friedkin ini memenangi lima kategori Piala Oscars.

Film ini menggambarkan Kota New Yrok tahun 70-an di mana kejahatan merajalela, semua orang hidup untuk kepentingan diri sendiri. Digambarkan juga kemiskinan merajalela, korupsi di mana-mana, dan geng merebak di mana-mana. Di sisi lain, kaum masyarakat kaya hidup enak dan aman di rumah mewahnya masing-masing.

Gotham memang tidak secara langsung diadaptasi dari Kota New York, namun dalam The Batman, suasana Gotham memang sedikit mengadaptasi kreatifivitas William Fridekin dari film The French Connection.

  • All the President’s Men
All the President’s Men

All the President’s Men merupakan drama thriller yang dirilis pada 1976. Film ini disutradarai oleh Alan J. Pakula dan mendapatkan empat piala Oscars. Salah satu hal yang paling menarik di film The Batman adalah sub-plot konspirasi yang terhubung dengan kelompok elit di Kota Gotham.

Matt Reeves menggunkan metode Alan J. Pakula sebagai dasar dari metode jahat karakter antagonis Riddler di The Batman.

  • Se7en
Se7en

Se7en bisa dibilang cukup populer untuk pecinta film generasi milenial atau yang lebih muda. Se7en merupakan film drama thriller karya sutradara David Fincher yang dirilis pada 1995.

Salah satu hall paling berbeda di The Batman dengan apa yang sudah kita ketahui tentang Kota Gotham adalah bagaimana Riddler muncul sebagai pembunuh berantai.

Pembunuhan yang dilakukan Riddler meninggalkan kesan mengerikan, petunjuk-petunjuk, yang kalau disusun bertujuan untuk menghina dan menghalangi pihak yang berwajib.

Tentu saja hal tersebut mirip dengan cerita Se7en.

  • Zodiac
Se7en

Zodiac adalah film kedua David Fincher yang menginspirasi Matt Reeves dalam membangun cerita The Batman. Zodiac dirilis pada 2007, mengisahkan kisah nyata, pembunuh berantai yang menninggalkan petunjuk untuk mengejek dan mengalihkan perhatian kepolisian.

Reerensi ini mirip dengan Se7en, namun Zodiac berfokus pada tanda-tanda yang ditinggalkan si pembunuh. Hal serupa yang dilakukan Riddler.

  • Good Time
Good Time

Good Time merupakan film drama thriller yang dirilis pada 2017 dan dibintangi Robert Pattinson. Melalui akting Pattinson di Good Time, Matt Reeves percaya bahwa Pattinson adalah orang yang tepat dalam memerankan tokoh legendaris Bruce Wayne.

Itulah tujuh film yang diketahui sebagai sumber inspirasi Matt Reeves saat membangun cerita dan membuat film The Batman. Penasaran seperti apa cerita seutuhnya film The Batman? Segera tonton filmnya di bioskop.