Belum lama ini DC merilis trailer terbaru untuk film Black Adam. Dalam trailer pendek itu pastinya muncul Dwayne Johnson yang memerankan Black Adam. Selain itu ada beberapa karakter superhero yang merujuk pada grup pembela kebenaran klasik di Komik DC yang disebut Justice Society of America (JSA). Siapa sih sebenarnya Black Adam dan JSA itu? Artikel ini disarikan dari sumber di Collider.com

Film Black Adam ini adalah versi live-action perdana dari Black Adam. Namun, JSA telah beberapa kali muncul di series DC seperti Smallville, Legends of Tomorrow, dan Stargirl. Terlepas dari kemunculan mereka di live-action, Black Adam dan JSA memiliki cerita komik yang panjang yang hampir bisa dipastikan mempengaruhi cerita dalam film Black Adam.

Black Adam
Black Adam

Black Adam Seorang Antihero yang Tersiksa

Black Adam sebelumnya dikenal sebagai Teth-Adam, pria asal Mesir yang dipilih oleh penyihir Shazam untuk menjadi Mighty Adam. Pada suatu masa, Adam menganggap dirinya sebagai keturunan asli penguasa Mesir sehingga ia membunuh firaun. Hal tersebut membuat Adam dikutuk Shazam karena dianggap berkhianat. Kemudian Black Adam menjadi musuh bebuyutan  Billy Batson yang dulunya disebut sebagai Captain Marvel.

Asal usul tersebut dihapus melalui cerita Crisis on Infinite Earth. Dalam versi terbaru Black Adam berasal dari negara fiktif di Afrika Utara bernama Kahndaq. Black Adam juga diceritakan kehilangan purtinya karena dibunuh penjahat super. Kemarahan karena kehilangan sang putri membuat Adam mengambil alih Kahndaq. Kekuatan Adam sebenarnya sudah diminta kembali oleh Sang Penyihir Shazam. Namun leluhur Adam yang bernama Theo Adam membangkitkan kembali Black Adam.

Hal tersebut membuat Theo Adam dan Black Adam tidak bisa semuanya ada. Akhirnya Black Adam terlepas dari pengaruh jahat Theo Adam, setelah itu Black Adam membantu JSA untuk melawan organisasi penjahat super bernama Injustice Society.

Meski sudah bergabung dengan JSA, awalnya Captain Marvel tidak percaya kalau Black Adam sudah berubah. Kecurigaan Captain Marvel akhirnya terbukti, Black Adam sekali lagi menguasai Kahndaq dan membunuh semua penjahat super yang mencoba mengusiknya.

Saat menguasai Kahndaq untuk kedua kalinya, Black Adam menikah dengan Dewi asal Mesir bernama Isis, keduanya menguasai Kahndaq bersama. Black Adam, Isis, dilengkapi oleh Osiris (adik Isis) menjadi Black Marvel Family. Namun sayang sekali Isis dan Osiris tak berumur panjang.

Kehilangan Isis dan Osiris membuat Black Adam kalut. Ia akhirnya memulai Perang Dunia III. Perang tersebut membuat Black Adam kehilangan kekuatannya. Setelah itu Black Adam kembali bisa membangkitkan kekuatannya bahkan membangkitkan Isis. Penyihir Shazam akhirnya mengutuk Black Adam dan Isis menjadi batu.

Black Adam sempat tak muncul lama hingga cerita Komik DC New 52 kembali di reboot. Dalam alur terbaru asal usul Black Adam kembali diubah. Captain Marvel kini disebut dan populer sebagai Shazam. Ia masih terus menjadi musuh bebuyutan Black Adam. Di alur baru Black Adam bekerja sama dengan Justice League.

Hawkman

Hawkman Adalah Superhero Yan Tak Lekang Oleh Waktu

Sejarah asal usul Hawkman lebih rumit dari Black Adam. Bisa dibilang karakter ini sudah di-reboot lebih banyak dari yang bisa kita kira. Meski demikian, ada inti sari tentang Hawkman yang tetap orisinil meski cerita tokohnya telah berkali-kali diubah.

Hawkman lahir ribuan tahun lalu sebagai Pangeran Mesir bernama Khufu. Ia bekerja sama dengan Teht-Adam dan Nabu untuk menemukan pesawat luar angkasa bernaa Thanagarian. Pesawat luar angkasa tersebut membawa logam bernama Nth yang menjadi sumber kekuatan Hawkman. Beberapa tahun kemudian Khufu dan istrinya Chay-Ara dibunuh secara sadis oleh pendeta jahat Hath-Set. Ia dikutuk untuk terus terlahir kembali.

Ribuan tahun berselang, Khufu akhirnya bereinkarnasi menjadi beberapa orang. Di abad ke-5 ia menjadi Silent Knight, Kapten John Smith, Detektif Pinkerton, dan kemudian menjadi Carter Hall yang juga memiliki alias Hawkman.

Pada 1940-an, Carter Hall dan tunangannya, Shiera menjadi Hawkman dan Hawkgirl. Pasangan inilah yang menjadi salah satu pendiri JSA. Keduanya kemudian menjadi dua anggota utama JSA. Selama beberapa tahun Hawkman menjadi pemimpin JSA. Kemudian ia juga memberi kesempatan anggota lain untuk memimpin.

Hawkman dan Hawkgirl turut bertarung dalam pertempuran di cerita Crisis on Infinite Earths. Keduanya tewas dalam pertempuran Blackest Night, namun segera dihidupkan kembali. Hawkman memiliki sejarah yang cukup rumit di berbagai komik karena terlalu banyak reinkarnasi untuk diceritakan.

Salah satu yang terbaru adalah Carter dan Shayera Hol adalah reinkarkani dari Ktar dan Shrra, dua alien yang mengalami reinkarnasi abadi satu sama lain. Setelah mengalahkan kelompok alien bernama Deathbringers dan pemimpinnya, Carter dan Shayera diberi kesempatan untuk menjalani kehidupan favoritnya. Carter memilih untuk kembali ke zaman awal JSA. Ia menjalani usia panjang hingga ke abad ke-40.

Doctor Fate

Si Ahli Sihir Doctor Fate

Secara umum banyak versi dari karakter Doctor Fate di komiknya. Namun yang orisinal adalah pria bernama Kent Nelson. Asal muasal Doctor Fate berawal dari Kent yang menemani ayahnya menjelajah di Mesopotamia untuk meneliti makam Nabu.

Tanpa sengaja Kent membangkitkan sosok mistik yang mengakibatkan tewasnya sang ayah. Nabu yang kasihan dengan Kent malah melatihnya sehingga Kent bisa menjadi Doctor Fate. Tak hanya itu, Nabu juga memberikan helm, jubah, dan jimat sehingga kekuatan magis Nabu bisa digunakan Kent.

Kembali ke Amerika Serikat, Kent yang sudah menjadi Doctor Fate ikut mendirikan JSA. Meski memiliki kekuatan sihir, Doctor Fate cenderung dikuasai Nabu saat menggunakan kekuatannya.

Setelah cerita Crisis on Infinite Earths Nabu semakin sering memanipulasi kehidupan Kent dan istrinya Inza. Hingga punyaknya Kent dan Inza bergabung menjadi Doctor Fate versi baru. Gabungan keduanya menjadikan Doctor Fate tak lagi dikuasai Nabu.

Di satu titik, seorang musuh berhasil menghancuirkan perlindungan sihir dari JSA. Hal itu menyebabkan hancurnya helm Doctor Fate yang menyebabkan tewasnya Doctor Fate. Meski demikian, Doctor Fate tetap ada dalam wujud arwah. Sesekali dia membantu JSA apabila diperlukan.

Atom Smasher

Atom Smasher Teman Dekat Black Adam

Atom Smasher adalah anak baptis dari anggota awal JSA Al Pratt alias Atom. Memiliki nama asli Albert Rothstein, ia mendapat kekuatan super dari kakeknya, penjahat super, Cyclotron. Meski demikian, Albert memilih membela kebenaran mengikuti Atom.

Saat masih kecil, Albert menjadi Nuklon dan merupakan anggota dari Infinity, Inc. Sebuah grup manusia super yang berisi anak, penerus, atau murid dari anggota JSA. Setelah semakin matang, akhirnya Nuklon menjadi anggota JSA dan mengubah alias menjadi Atom Smasher.

Pada saat Black Adam bergabung dengan JSA, Atom Smasher awalnya tidak percaya dengan Black Adam, namun akhirnya keduanya menjadi dekat. Bahkan Atom Smasher akhirnya mau membantu Black Adam untuk menguasai Kahndaq. Ia berkali-kali menyelamatkan Black Adam dari kematian. Namun, di akhir Atom Smasher sadar dan kembali ke JSA.

Cyclone

Cyclone Si Pengendali Angin

Cyclone memiliki nama asli Maxine Hunkel adalah cucu dari Red Tornado atau Ma Hunkel. Dia mewarisi kekuatan dari neneknya dan bergabung dengan JSA di tahun 2000-an. Bisa terbang, memanipulasi angin, dan mengendalikan gelombang suara, Cyclone akhirnya bergabung dengan JSA.

Cylone ikut bertarung bersama Justice League dalam cerita Lightning Saga melawan Darkseid. Setelah itu Cyclone menjadi salah satu pendiri dari JSA All-stars setelah JSA terbelah menjadi dua kubu.

Itulah beberapa latar belakang dan kisah perjalanan hidup dari Black Adam dan beberapa anggota JSA yang muncul di trailer Black Adam. Diprediksi salah satu cerita komiknya akan diangkat menjadi cerita dalam film Black Adam.

Yuk Langganan Artikel Terbaru Kamusfilm

Cukup pakai email bisa dapatkan konten terbaru kamusfilm.