Sebuah berita ekslusif dari The Hollywood Reporter (THR) diberi judul Oscars: COVID-19 Vaccination Will Not Be Required for In-Person Attendees (Exclusive). Dari judulnya kita bisa mengambil kesimpulan kalau penyelenggara Oscars 2022 tidak mewajibkan tamunya untuk sudah divaksin. Hal tersebut tentunya menimbulkan pertanyaan besar.

Dikutip dari THR (10/02), perhelatan akbar di ranah perfilman Hollywood, yang kita kenal dengan Oscars akan kembali diselenggarakan tahun ini. Tepatnya pada 27 Maret 2022. Jika dilihat kurang dari satu tahun yang lalu, Oscars 2021 terpaksa harus dilaksanakan dengan sedikit sederhana dan protokol kesehatan super ketat.

Hal tersebut tak lain karena dulu Amerika Serikat masih ada pada puncak pandemi. Seiring berjalannya waktu, setelah vaksin ditemukan dan banyak digunakan, hampir semua acara publik menjadikan vaksin sebagai salah satu syarat.

Namun, THR melaporkan, berdasarkan informasi yang mereka dapatkan, the Acadey of Motion Picture Arts and Science (AMPAS), selaku penyelenggara Oscars 2022, berencana untuk tidak mengharuskan tamu undangan Oscars 2022 harus sudah divaksin. AMPAS dilaporkan hanya mewajibkan hasil negatif dari tes PCR atau Rapid Antigen.

Saat dimintai konfirmasi terkait hal ini, AMPAS belum mau memberikan komentar.

Keputusan AMPAS ini jauh berbeda dengan dua penghargaan besar lainnya Screen Actors Guikd Awards (SAG Awards) dan Critics Choice Awards. Keduanya mewajibkan semua peserta wajib sudah divaksin dan tetap tentunya hasil negatif tes PCR atau Antigen.

“Semua yang sudah beli tiket harus menunjukkan bukti vaksinasi, dengan booster akan lebih baik. Serta bukti negatif tes PCR maksimal 48 jam sebelum acara, atau Antigen di hari acara,” jelas juru bicara SAG Awards seperti dikutip THR.

Keputusan senada juga diungkap Joey Berlin, COO dari Critics Choice Awards yang mengungkapkan harus 100% vaksin dan tes PCR atau antigen.

Beberapa orang dalam di ranah kritik dan penghargaan kemudian menunculkan spekulasi. Keputusan AMPAS untuk tidak mewajibkan vaksin diduga karena ada sosok besar yang tahun lalu memenangkan penghargaan, dan tahun ini pun namanya ada di beberapa penerima nominasi, bisa tidak diperbolehkan datang ke acara tersebut.

Hingga berita THR tayang belum ada syarat resmi dari AMPAS untuk malam Oscars 2022. Jika saja tidak ada perubahan mengenai keputusan ini, bisa-bisa Oscars akan mendapatkan citra buruk dari komunitasnya sendiri. Mereka bisa saja disebut pro-anti-vaksin.