Belum lama ini Marvel merilis film Eternals di layanan streaming Disney +. Dalam film tersebut diperkenalkan ras manusia super bernama Eternals. Mereka memiliki berbagai kekuatan unik dan hidup abadi. Sebenarnya, kalau merujuk komik Marvel, ras seperti apakah itu Eternals? Ada berapa jumlah mereka?

Sejarah Eternal Menurut Film Eternals

Menurut film Eternals, ras Eternal itu diciptakan oleh Celestials bernama Arishem. Mereka diciptakan disebuah tempat bernama World Forge. Eternal diciptakan untuk melawan Deviants. Ras monster yang terlebih dahulu ada dan juga diciptakan oleh Arishem.

Eternal bertugas untuk melindungi ras penghuni sebuah planet agar tidak dimusnahkan oleh Deviant. Pada suatu masa, sepuluh Eternal dikirim ke bumi. Mereka sudah ada di bumi sejak 5000 tahun sebelum masehi. Digambarkan dalam film tersebut para Eternal hidup di berbagai peradaban, namun tidak banyak ikut campur dalam urusan manusia. Eternal lebih fokus dalam membasmi Deviants. Dalam film Eternals tidak dijelaskan mengenai jumlah keseluruhan ras Eternal.

Sama-sama kita ketahui, film-film Marvel diangkat dari cerita komik Marvel yang sudah ada sejak sejak 1939. Oleh karena itu, semua karakter memiliki sejarah yang lebih kompleks apabila dilihat dari versi komiknya.

Sejarah Eternal Menurut Komik Marvel

Berdasarkan laman marvel.fandom.com, Eternal manusia yang memiliki kekuatan di luar logika manusia biasa. Tujuan dibuatnya Eternal adalah untuk menjaga manusia. Eternal dibuat pertama kali satu juta tahun yang lalu oleh ras Celestials.

Diceritakan, Celestials membuat 100 Eternal di bumi kemudian meninggalkan mereka. Sejak saat itu, Eternal hidup di antara manusia, dari zaman ke zaman, dari peradaban ke peradaban lain. Ada Eternal yang tidak mencampuri kehidupan manusia, namun ada juga yang secara diam-diam ikut campur.

Dalam komiknya, Eternal itu diciptakan dari manusia purba yang memang berasal dari bumi. Prime Celestial merasa penasaran dengan gen manusia sehingga dia mengutus beberapa Celestial bawahan seperti Gammenon the Gatherer, Ziran the Tester, Nezarr the Calculator dan Tiamut the Communicator. Dari percobaan itu, muncullah Deviants dan Eternal yang diadaptasi menjadi film Eternals.

Eternals memiliki sejarah panjang di bumi. Beberapa di antara mereka berperan dalam kemajuan berbagai peradaban kuno di bumi. Para Eternal ini mengajarkan berbagai ilmu ke masyarakat sehingga mereka bisa maju. Bahkan, kalau di komiknya, Eternal akan bersanding dengan para superhero untuk menyelamatkan bumi dari ancaman Celestials jahat.

Dari penjelasan di atas bisa kita ketahui, Eternals bahkan belum menggores permukaan cerita tentang Eternals di komik. Masih banyak cerita yang belum dieksplor. Bukan tidak mungkin akan ada film-film yang membahas salah satu tokoh Eternals saat mereka di bumi. Tunggu saja.

Yuk Langganan Artikel Terbaru Kamusfilm

Cukup pakai email bisa dapatkan konten terbaru kamusfilm.