Sinopsis Cinta Bete berfokus pada kisah tragis yang dialami seorang perempuan bernama Bete Kaebauk (Hana Malasan). Film ini mendapatkan 10 nominasi dalam perhelatan Festival Film Indonesia (FFI) 2021. Cinta Bete merupakan debut penyutradaraan dari Roy Lolang.

Sinopsis Cinta Bete adalah kisah Bete Kaebauk yang melakukan pernikahan di usia muda. Sejak pertama kali dia datang bulan. Ayah Bete, Fritz Manek, sudah mengumumkan kalau anaknya sudah siap dipinang. Bete yang dimabuk cinta dengan seorang petinjua bernama Alfredo akhirnya nekat untuk kawin lari.

Kehidupan rumah tangga tak semudah yang Bete bayangkan. Dia kerap mendapatkan perlakuan kasar dari Alfredo. Tak tahan dengan sikap Alfredo, Bete nekat pulang ke rumahnya dalam keadaan hamil. Hal itu membuat Bete keguguran dan menjadi depresi. Bete yang mengamuk tak terkontrol akhirnya dipasung.

Sebelum mengenal Alfredo, Bete sebenarnya menaruh hati pada Emilio yang bercita-cita menjadi pastor. Mengetahui Bete dipasung, Emilio membawanya ke pastoran untuk dirawat. Dari sini konflik antara Emilio dan Alfredo mulai berkembang. Gimana ya nasib Bete kemudian? Tonton aja di bioskop mulai 18 November 2021.

Film ini sebelumnya tidak diberi judul Cinta Bete, namun Separuh Purnama. Judul tersebut diambil dari arti nama Bete Kaebauk yang memiliki arti Perempuan Dengan Mahkota Bulan Sabit.