Para pecinta sejarah tentunya sangat dimanjakan dengan perkembangan zaman. Dahulu, sebagian besar laporan sejarah hanya bisa dinikmati dalam laporan tulisan, foto, atau gambar bergerak seadanya. Kini, berbagai teknologi dapat mengungkap hal-hal baru terkait sejarah zaman dahulu. Sekarang ini banyak film dokumenter sejarah terbaik buat pecinta sejarah. Film-film dokumenter sejarah terbaik memvisualisasikan sejarah dengan lebih meyakinkan.

Pilihan film dokumenter sejarah sudah sangat banyak, bisa menonton di OTT tertentu atau membeli DVD film dokumenter yang disukai. Kali ini Kamusfilm akan memberikan lima rekomendasi  series atau film dokumenter sejarah terbaik yang akan menambah wawasan Anda semua;

  1. Greatest Events in WWII in Colour

Ini adalah mini seri dokumenter terkait peristiwa-peristiwa penting selama Perang Dunia II (PD II).  Mini seri ini dirilis pada 2019 dan sekarang ini masih bisa ditonton di Netflix. Terdiri dari 10 episode, mini seri ini secara apik menggambarkan pergolakan yang terjadi di PD II. Bagi kalian yang belum paham apapun tentang sejarah PD II tak perlu khawatir karena semuanya dijelaskan secara runut dan padat.

  1. The Atlas of Cursed Places

Serial dokumenter ini merupakan salah satu produksi terbaru dari National Geographic TV. Dari judulnya sebenarnya bisa diambil kesimpulan kalau dokumenter ini bukan berfokus tentang sejarah, namun tempat-tempat yang dianggap terkutuk. Meski demikian, investigasi dan penelitian di dokumenter ini cukup asyik ditonton dan memberikan pandangan baru tentang subyek yang dibahas.

 Saya suka episode-episode awal saat subyek bahasan lebih universal, saat bahasan sudah lokal Amerika Serikat, saya kurang suka. Serial dokumenter ini dirilis tahun 2020 dengan satu musim terdiri dari lima episode. The Atlas of  Cursed Places bisa ditonton di Disney +.

  1. The Lost Treasure of Egypt

Sekali lagi, saya menemukan serial ini dari Disney + setelah selesai menonton The Atlas of Cursed Places. Masih dari National Geographic TV, serial dokumenter ini berfokus pada penelitian makam raja-raja Mesir kuno. Para peneliti di serial ini berusaha untuk memperdalam apa yang sudah ditemukan dan berusaha membuat penemuan baru dari makam-makam kuno di Mesir. Uniknya dokumenter ini, penonton diajak mengikuti beberapa misi sekaligus dalam satu episode. Kita seolah-olah ikut merasakan ketegangan di dalamnya. Serial ini sudah tersedia dua musim, untuk yang pertama rilis 2019 yang kedua rilis 2020. Musim pertama ada 6 episode, musim kedua ada delapan episode.

  1. History 101

Docuseries yang satu ini cukup ringan namun banyak sekali ‘dagingnya’ (baca: informasi). History 101 merupakan serial dokumenter yang tayang di Netflix. Tema pembahasan setiap episode berbeda-beda. Tema yang diangkat cenderung mengenai sejarah suatu hal yang membentuk kondisi sosial dan budaya sekarang ini. Mau tahu sejarah pertumbuhan makanan cepat saji yang ada sekarang ini? History 101 mengulasnya secara menarik. Season pertama rilis 2020 dengan 10 episode.

  1. Banda the Dark Forgotten Trail

Berbeda dari yang lain, ini adalah film dokumenter panjang. Rilis pada 2017, film dokumenter ini disutradarai oleh Jay Subiakto dengan Reza Rahadian sebagai narator. Film Dokumenter Banda The Dark Forgotten Trail ini mengisahkan Kepulauan Banda yang menjadi rebutan negara-negara di Eropa karena hasil pala yang melimpah. Netflix menyebut film ini bernuansa kelam dan kontroversial.

Itulah lima judul serial dan film dokumenter sejarah terbaik buat teman-teman semua yang memiliki ketertarikan terkait sejarah. 

Yuk Langganan Artikel Terbaru Kamusfilm

Cukup pakai email bisa dapatkan konten terbaru kamusfilm.