Kamusfilm – Belum lama ini Netflix merilis mini seri terbaru berjudul The Queen’s Gambit. Ceritanya tentang perempuan yang sangat jenius di dunia catur. Tak disangka seorang perempuan yang berlatih catur di rubanah sebuah panti asuhan, bisa melesat menjadi juara dunia.

Karena min seri tersebut, cerita tentang dunia catur profesional menjadi menarik perhatian. Untuk itu, buat teman-teman yang belum puas hanya dengan menonton The Queen’s Gambit, ini ada rekomendasi film panjang yang mengisahkan tentang catur. Dikutip dari laman Chess.com, inilah lima film bertema catur.

The Luzhin Defense (2000)

The Luzhin Defense mengisahkan tentang pecatur berbakat bernama Aleksandr Ivanovich Luzhin. Tokoh ini diperankan oleh John Turturro. Ceritanya diadaptasi dari buku berjudul The Defense karya Vladimir Nabokov.

Fokus film ini mengenai Luzhin mulai dari kehidupan masa kecilnya yang berat, hingga pertandingan terakhirnya yang membuatnya mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri. Dalam film ini Turturro juga berakting dengan Emily Watson. Ingin tahu cata Luzhin memenangkan pertandingan caturnya meski dia sudah tewas bunuh diri? Tonton sendiri filmnya.

Pawn Sacrifice (2014)

Film ini merupakan drama biografi tentang pecatur asal Amerika Serikat Bobby Fischer. Tokoh utama tersebut diperankan oleh Tobey Maguire. Film ini menekankan pada saat Fischer mengalahkan Juara Dunia asal Uni Soviet, Boris Spassky. Selain itu film ini juga menyorot paranoia yang dialami Fischer, hingga akhirnya Fischer menghilang dari publik.

Film ini disutradarai oleh Edward Zwick, dengan skenario dibuat oleh Steven Knight. Selain Tobey, film ini juga dibintangi oleh Live Schreiber, Peter Sarsgaard, Lily Rabe, Sophie Nelisse, dan masih banyak lagi.

Queen of Katwe (2016)

Film ini diadaptasi dari sebuah buku yang dirilis pada 2012 dan sebuah artikel yang diterbitkan Majalah ESPN. Film ini disutradarai oleh Mira Nair. Artis-artisnya antara lain Lupita Nyong’o, David Oyelowo, Madina Nalwanga, dan Martin Kabanza.

Cerita Queen of Katwe berfokus pada perempuan asal Uganda bernama Phiona Mutesi. Dia tumbuh di sebuah kota kecil bernama Katwe. Saat masih kecil motivasi Phiona berlatih catur karena dia diberi makanan gratis setelah berlatih. Lama kelamaan tumbuh rasa suka hingga obsesi, ditambah kemampuan Phiona berbeda dari anak lain. Phiona akhirnya menjadi juara lokal hingga akhirnya dia mampu menembus kompetisi internasional dan belajar banyak hal baru di luar Katwe.

Magnus (2016)

Sedikit berbeda dengan film-film sebelumnya, film yang satu ini berformat dokumenter. Seperti judulnya, dokumenter ini membahas perjalanan karier Magnus Carlsen, juara dunia catur sejak 2013 hingga saat ini. Dokumenter ini menampilkan masa kecil Magnus dan meliput momen-momen Magnus meraih juara dunia pertamanya saat melawan Anand pada 2013.

Brooklyn Castle (2012)

Masih dengan format dokumenter, Brooklyn Castle mendokumentasikan kejuaraan catur antarsekolah di Brooklyn, Amerika Serikat. Film dokumenter ini mengikuti perjuangan sekolah bernama I.S. 318 dalam mengikuti kejuaraan catur. Setelah melalui perjuangan hebat, I.S. 318 menjadi sekolah setara SMP pertama di Amerika Serikat yang menjuarai Kejuaraan Catur Nasional tingkat SMA.

Yuk Langganan Artikel Terbaru Kamusfilm

Cukup pakai email bisa dapatkan konten terbaru kamusfilm.