Kamusfilm —  Bulan Oktober lalu, tepatnya tanggal 23 Netflix merilis serial terbaru mereka berjudul The Queen’s Gambit Dikabarkan melalui Variety, dalam 28 hari pertama perilisan, The Queen’s Gambit ditonton oleh 62 juta akun. Ini artinya The Queen’s Gambit cetak rekor

Tentunya Netflix memiliki metode penghitungan penonton secara mandiri. Dalam hal ini, 62 juta akun ditentukan dengan data akun yang setidaknya sudah menonton serial tersebut selama minimal dua menit.

Dalam rilisnya Netflix juga mengungkapkan bahwa serial tentang pecatur jenius itu berhasil masuk 10 besar di 92 negara dan menduduki peringkat pertama di 63 negara. Serial yang dibintangi Anya Taylor-Joy itu menjadi nomor satu di Inggris, Argentina, Afrika Selatan, dan Israel.

The Queen’s Gambit merupakan serial terbatas terbesar milik Netflix. Cerita serial ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Walter Tevis. Ceritanya berfokus pada tokoh Elizabeth Harmon. Berasal dari keluarga yang tidak harmonis, Beth harus menjadi saksi kematian ibunya saat kecelakaan.

Sejak saat itu Beth tinggal di sebuah panti asuhan. Di situlah Beth menemukan hasrat dan kecintaanya akan catur. Di sebuah basemen, dilatih oleh penjaga panti asuhan, Beth berkembang dari hanya juara daerah hingga menjadi juara nasional. Hingga puncaknya dia mengalahkan juara dunia.

Dengan capaian ini The Queen’s Gambit cetak rekor berada di bawah The Witcher dan serial dokumenter Tiger King yang masing-masing mengumpulkan penonton hingga 76 juta dan 64 juta di 28 hari pertamanya.