Kamusfilm – Tidak terasa tahun 2020 sudah hampir menyentuh bulan Desember. Pandemi sejak Maret membuat banyak sekali aktivitas tertunda atau parahnya batal. Sebelumnya libur Hari Raya Idul Fitri 2020 ditiadakan oleh pemerintah untuk mencegah persebaran Covid-19. Nanti di akhir tahun pun kemungkinan besar sama. Hari libur masih akan ada, namun warga diimbau untuk tetap di rumah dan tidak melakukan perjalanan jauh. Oleh karena itu, redaksi Kamusfilm memberikan 5 rekomendasi film Indonesia untuk menemani hari-hari libur akhir tahun kalian semua.

Film-film yang menjadi rekomendasi ini dipilih secara acak dan menurut subyektivitas tim redaksi. Ada film yang tergolong baru, namun ada juga yang sudah dirilis 2-3 tahun terakhir. Apa saja rekomendasi film Indonesia versi Kamusfilm? Cek selengkapnya di bawah ini;

Sabar Ini Ujian

Judul rekomendasi pertama ini tergolong film baru. Film ini dirilis melalui Disney+ Hotstar bersamaan dengan perilisan aplikasinya di Indonesia. Sabar Ini Ujian memberi cerita fresh di ranah film Indonesia. Sutradara Anggy Umbara mengangkat cerita looping mirip film-film Hollywood seperti Groundhog Day, Blood Punch, hingga yang terbaru dualogi Happy Death Day dan Happy Death Day 2U.

Sabar Ini Ujian berfokus pada karakter Sabar yang diperankan Vino G Bastian. Sabar adalah pemuda usia matang yang belum mampu move on dari mantan kekasihnya setelah mereka berdua gagal menikah. Saat tiba waktunya sang mantan (diperankan oleh Estelle Linden) menikah, Sabar mengalami time loop yang mengakibatkan dia harus menjalani hari akad nikah mantannya secara berulang kali.

Keluarga Cemara

Keluarga Cemara bisa menjadi tontonan ringan dan bermakna untuk ditonton bersama keluarga.  Film arahan Yandy Laurens ini mengisahkan perjuangan keluarga Abah dan Emak menghadapi masalah bertubi-tubi. Selain memiliki cerita yang matang, film ini juga memberikan hiburan komedi yang fresh.

Film ini dibintangi artis papan atas Indonesia seperti Nirina Zubir, Ringgo Agus Rahman, Zara Adhisty, Maudy Koesnaedi, dan masih banyak lagi. Karena tema ceritanya, film cocok untuk keluarga kecil yang sudah memiliki buah hati diusia 7-10 tahun.

Comic 8

Film Comic 8 bisa menjadi rekomendasi film komedi pilihan yang bisa ditonton saat liburan akhir tahun. Disutradarai oleh Anggy Umbara, Comic 8 memberikan komposisi komedi yang saat itu belum banyak dicoba sineas film ini. Pada 2014 Anggy mengumpulkan nama-nama besar di dunia stand up comedy. Mereka diajak berakting film komedi yang dibumbui aksi.

Film ini cocok untuk bernostalgia masa-masa awal melambungnya nama-nama stand up comedian Indonesia di dunia seni peran. Coba dibandingkan dulu dan kini para pemerannya. Dari segi cerita film orisinal ini lebih mumpuni jika dibandingkan sekuelnya.

Belok Kanan Barcelona

Di momen liburan pastinya kita ingin sekali berjalan-jalan ke berbagai daerah. Namun kondisi pandemi menjadikan sebaiknya kita jangan dulu bepergian. Untuk mengobati hal tersebut, bisa kita menonton film yang mengandung unsur jalan-jalannya. Coba teman-teman tonton film komedi romantis Belok Kanan Barcelona.

Film yang disutradarai Guntur Soeharjanto ini mengisahkan empat sahabat semasa SMA yang meniti karier di berbagai Negara. Ada yang Amerika Serikat, Vietnam, Denmark, hingga di Afrika Selatan.

Cerita film ini cukup menarik perhatian. Ditambah visual kota-kota besar di Negara-negara tersebut menambah kisahnya menjadi semakin layak ditonton. Tonton deh kelucuan Anggika Bolsterli di film ini.

Perempuan Tanah Jahanam / Pengabdi Setan

Momen-momen liburan di rumah aja bukan berarti tidak boleh nonton film horor kan ya? Dua judul ini kami masukkan ke honorable mention. Mungkin bisa dicoba buat teman-teman yang ingin menghabiskan liburan secara staycation bersama teman-temannya. Coba agendakan satu atau dua malam untuk nonton bareng dua film tersebut. Rasakan sensasinya.

Perempuan Tanah Jahanam dan Pengabdi Setan sama-sama karya Joko Anwar. Keduanya sama-sama dibintangi Tara Basro. Coba nonton keduanya secara back to back rasanya akan nonton universe horornya Joko Anwar