Walt Disney Akuisisi Fox Dengan Biaya Rp711 Triliun

Kamusfilm – Walt Disney Company semakin menguatkan dominasinya di ranah rumah produksi film-film Hollywood. Kamis (14/12),  Disney akuisisi Fox dengan nilai belanja US$52,4 miliar atau senilai Rp711 triliun.

“Kami merasa terhormat dan bersyukur karena Rupert Murdoch telah percaya pada kami untuk melanjutkan bisnis yang sudah dia bangun hampir seumur hidupnya,” ungkap Pimpinan Walt Disney Company Robert A. Iger.

Dilansir BBC, Kamis, Disney mengakuisisi 39% saham di saluran tv satelit Sky dan hampir seluruh asset 20th Century Fox. Akuisisi ini mengakhiri ekspansi pemilik Fox, Rupert Murdoch selama lebih dari 50 tahun. Kini asset Murdoch tinggal jaringan Fox News dan Fox Sport yang akan dibuatkan perusahaan baru.

Di ranah film layar lebar, akuisisi ini menjadikan Disney sebagai rumah hampir semua franchise film besar dunia. Setelah menjadi rumah bagi Star Wars Saga dan Marvel Cinematic Universe, kini Disney menjadi rumah Avatar, tokoh-tokoh superhero Marvel yang hak tayang layar lebarnya dimiliki Fox kini bisa dipakai di Marvel Cinematic Universe.

Selain perluasan di ranah produksi film-film besar, New York Times menyebut Disney akuisisi Fox ini menjadikan Disney memiliki kekuatan yang cukup untuk bersaing dengan Netflix, Apple, Amazon, Google, dan Facebook terkait layanan video online.

Dengan akuisisi ini Murdoch percaya Disney akan membawa perubahan untuk Fox.

View this post on Instagram

The Walt Disney Company to acquire 21st Century Fox, Inc. More details in link in bio.

A post shared by Disney (@disney) on

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *