Review Doctor Strange, Tawarkan Visual dan Jalan Cerita Baru di Film Superhero

Kamusfilm — Doctor Strange merupakan film ke-14 dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Film ini bisa disebut sebagai jembatan di MCU di mana multiverse itu mungkin. Sebagai film pertama yang mengangkat tokoh Doctor Strange, film ini secara umum adalah sebuah origin story.

Berbicara mengenai talenta di belakang layar, Doctor Strange disutradarai oleh Scott Derickson, sineas film yang pernah sukses dengan film-film horor tentang gangguan setan seperti The Exorcism of Emily Rose, Deliver us From Evil, dan Sinister.  Scott Derrickson menulis skenarionya bersama Jon Spaihts dan C. Robert Cargill.

 

Dalam komik Marvel, Doctor Strange adalah mantan dokter bedah syaraf. Ia dulunya sangat sukses, namun, sebuah kecelakaan mengubah jalan hidupnya. Melalui sebuah perjalanan tak terbayangkan, pemilik nama lengkap Stephen Strange itu menjadi salah satu penyihir terbaik di dunia.

Doctor Strange juga menjadi film MCU pertama di mana kerusakan fasilitas publik bisa dihindari saat terjadinya pertempuran. Karena di film-film sebelumnya, kerusakan publik adalah suatu keniscayaan. Bahkan di Captain America: Civil War hal itu menjadi salah satu alat untuk memojokkan Avengers sebelum akhirnya terpecah belah.

Menurut saya ceritanya biasa saja. Bagi filmmania yang sudah baca komik Doctor Strange  atau setidaknya pernah nonton film animasinya, pasti ya udah bisa nebak garis besar ceritanya. Toh intinya ini film origin story. Namun bukan berarti filmnya biasa saja, tampilan visual film ini bisa dibilang oke. Terlepas dari jamaknya penggunaan computer-generated imagery  difilm-film mahal Hollywood yang juga dilakukan film ini. Doctor Strange tetap saya anggap menawarkan tampilan baru. Khususnya dalam aspek superhero battle. 

Dari segi pemilihan pemain, Benedict Cumberbatch memang sangat cocok ditempelkan dengan tokoh super genius dan angkuh. Hal itu terbukti sukses dia lakukan dalam serial Sherlock Holmes. Meski demikian, kok dalam beberapa adegan saya ngeliahatnya itu Sherlock bukan Doctor Strange. Tapi overall termaafkan lah, soalnya sebagian besar filmnya menampilkan Cumberbatch memakai kostum Doctor Strange.

Saya menyebut Doctor Strange film yang akan membawa nuansa baru di MCU ke depannya.  Dengan adanya Doctor Strange, kemungkinan untuk lebih dekat dengan Thor dan Guardians of the Galaxy semakin terbuka. Selain itu bukannya tidak mungkin ada cerita alternate universe nantinya.

Jika alternate universe masuk skenario jangka panjang Marvel. Bukannya tidak mungkin muncul superhero dan supervillain alternatif seperti Spider-Man 2099 dan Iron Maniac. Atau Marvel dan DC merencanakan crossover. Yah,, sudah cukup delusinya

Sebagai kesimpulan, Doctor Strange layak sekali untuk ditonton. Saya menyebutnya sebuah origin story yang mampu menampilkan gambaran baru tentang film superhero. Di film ini sepertinya MCU mulai tinggi tensinya. Kalau diibaratkan nonton Harry Potter, sudah masuk ke film ke-6, maka dari itu siap-siap aja dihadapkan dengan film-film baru model Fantastic Beasts dengan inti cerita alternate universe.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *