Inilah Rangkaian Acara UI Film Festival 2016

Kamufilm – UI Film Festival 2016 tinggal menunggu waktu, acara yang akan digelar mulai 20 hingga 23 September 2016 itu memiliki serangakain acara seru yang sayang untuk dilewatkan. Memakai dua venue utama di Universitas Indonesia, Jawa Barat, inilah rangkaian acara UI Film Festival 2016.

Opening Ceremony

Opening ceremony UI Film Festival 2016 digelar para 20 September 2016, bertempat di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI Depok. Dalam acara pembukaan ini akan dijelaskan seluk beluk UI Film Festival 2016. Setelah itu akan diputar film kompetisi dari UI Film Festival 2015.

Pemutaran Shorties A&B

Selanjutnya ada Pemutaran Shorties A&B. Sesi ini adalah pemutaran film-film pendek dari sineas film muda. Film-film yang dipilih merupakan film pendek produksi 2015 -2016. Selain pemutaran film pendek, sesi ini akan mengadakan tanya jawab untuk memantik semangat baru sineas film muda dalam menghasilkan karya film.

Mahasiswa Bicara Film

Kemudian ada acara Diskusi Mahasiswa Bicara Film (MBF). Sesi ini merupakan acara puncak dari proses pengiriman esai tentang film yang dikirim oleh mahasiswa sesuai dengan rentang waktu yang sudah disediakan panitia. Kini, esai-esai yang terpilih akan didiskusikan dan nantinya hasilnya akan dipertanggungjawabkan. MBF aan diselenggarakan pada 22 September di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI, Depok.

Mosean Picture

Acara Mosean Picture merupakan kerja sama UI Film Festival 2016 dengan Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF). Sesi ini akan memutarkan 4 film karya sineas Asia Tenggara. Program ini bertujuan untuk memberikan keseharan tontonan dan memperlihatkan kepada penonton, film-film karya sineas Asia tenggara. Moesan Picture diselenggarakan 21 September 2016 di Aula Apung Perpustakaan UI Depok.

Sinema Kaki Lima

Sesi ini akan memutarkan film dengan cara spesial. Penonton akan diajak berkumpul di ruang terbuka dan menyaksikan film-film pilihan dengan konsep layar tancap. Untuk memberikan kesan konvensional, akan disediakan gerobak jajanan di sekitar lokasi layar tancap. Dalam sesi ini UI Film Festival 2016 bekerja sama dengan FLIK untuk memutar film klasik karya Chaerul Umam berjudul Kejarlah Daku Kau Kutangkap (1985). Acara ini diselenggarakan pada 21 September 2016 di taman Lingkar Perpustakaan Pusat UI.

Program Diskusi Kanan Kiri, Oke!

Sesi ini merupakan ruang bicara terbuka yang didahului pemutaran film. Dalam sesi ini akan diputar film dokumenter berjudul Potongan karya Chairun Nissa. Mengusung tema ‘Pergeseran Objek Sensor’, sesi ini akan mendatangkan perwakilan Lembaga Sensor Film, sineas film, dan Chairun Nissa. Sesi ini akan diselenggarakan 22 September 2016 bertempat di Aula Apung Perpustakaan UI, Depok.

Pemutaran Film Kompetisi

Di sela-sela acara diskusi UI Film Festival 2016, akan ada pemutaran film kompetisi. Dari 176 film pendek yang masuk ke panitia, tahun ini ada 14 judul yang masuk sebagai finalis.  Pemutaran film kompetisi akan dibagi dalam tiga sesi, sesi pertama 20 September, sesi kedua 22 September, dan sesi ketiga 23 September.

Akan ada tiga penghargaan, yaitu, Film Terbaik, Film Favorit, dan Poster Favorit. Film terbaik akan dipilih oleh tiga juri yang terdiri dari Wregas Bhanuteja, Makbul Mubarak, dan Nindi Raras. Sedangkan dua penghargaan lainnya akan dipilih melalui voting, baik oleh penonton atau melalui media sosial UI Film Festival 2016.

Closing Ceremony

Upacara penutupan akan diisi dengan pengumuman pemenang kompetisi.

Bagi yang tertarik ingin menyaksikan UIFF 2016 bisa mulai memesan tiketnya melalui Sartika(0852-8887- 9811). Seluruh informasi UI Film Festival 2016 dapat diakses melalui sinematografi.ui.ac.id/uiff.php; atau media sosial OA Line (@mwi48540), twitter.com/uifilmfestival, instagram.com/uifilmfestival, facebook.com/uiffestival.

Jadwal lengkap UIFF 2016

Jadwal lengkap UIFF 2016

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *