Ini Film Summer Box Office Hollywood 2016 Yang Merugi

Kamusfilm – Momen-momen Summer Box Office (liburan musim panas di Amerika Serikat) menjadi momen dirilisnya film-film terbesar Hollywood selama satu tahun. Momen summer box office biasanya terjadi antara Mei hingga September, hingga awal September ini telah terdeteksi film Hollywood merugi yang sepertinya akan mencetak rekor baru.

Dilansir situs bisnis Bloomberg, hingga 19 Agustus kemarin, dari 32 film yang dirilis 6 studio, ada 17 film merugi dengan total kerugian sebesar 915 juta dolar AS. Statistik tersebut melebihi kerugian tahun lalu yang datang dari 15 film dengan kerugian sebesar 546.3 juta dolar AS.

kerugian-film-hollywood-sumber-bloomberg

Kerugian Summer box office tahun 2016 (sumber: Bloomberg)

Dari data yang dirilis Bloomberg, film Ben-Hur menjadi yang paling merugi. Dengan dana produksi yang mencapai 100 juta dolar AS, film yang dibintangi Jack Huston dan Morgan Freeman itu merugi hingga 120 juta dolar AS.

Posisi kedua ditempati film dari Disney, The BFG. Terlepas dari nama sutradara Steven Spielberg, The BFG tidak mampu menarik penonton, dan sekarang ini diperkirakan merugi lebih dari 100 juta dolar AS.

Selanjutnya ada Alice Through the Looking Glass, Kubo and the Two Strings, Star Trek Beyond, War Dogs, Teenage Mutant Ninja Turtles, Pete’s Dragon, Ghostbusters, dan Popstar: Never Stop Never Stopping.

Daftar film hollywood merugi (sumber: Bloomberg)

Daftar film hollywood merugi (sumber: Bloomberg)

Dari data yang dirilis Bloomberg, Disney dan Paramount menjadi penyumbang terbanyak film merugi dengan tiga film. Meskipun begitu, Disney masih memimpin keuntungan yang sebagian besar didapatkan dari film Finding Dory dan Captain America: Civil War.

Keuntungan dan kerugian stuido hollywood (sumber: Bloomberg)

Keuntungan dan kerugian stuido hollywood (sumber: Bloomberg)

Warner Bros. berada di posisi kedua berkat franchise DC Extended Universe, Batman v Superman dan Suicide Squad. Selain itu, Warner Bros, ditolong oleh dua film berbiaya rendah yang mampu mendatangkan keuntungan besar.

Film-film tersebut adalah Lights Out yang mampu menghasilkan 53 juta dolar AS dari biaya produksi 4.9 juta dolar AS. Film kedua adalah The Conjuring 2, dengan biaya produksi sebesar 40 juta dolar AS, film horor fenomenal itu mampu mengumpulkan 102.6 juta dolar AS.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *