Review Film Jason Bourne, Aksi Baru Cerita Lama

Kamusfilm – Trilogi Bourne yang tayang dari tahun 2002 hingga 2007 bisa dibilang sebuah model lain dari banyaknya film-film aksi spionase yang ada. Berfokus pada jati diri agen bernama Jason Bourne (Matt Damon), trilogi tersebut mampu menyajikan tiga film yang memiliki tahapan penceritaan tersendiri sehingga tidak terkesan berulang saat ditonton. Tapi sayang sekali hal itu tidak terjadi di film kelima ini. Inilah review film Jason Bourne versi Kamusfilm.

Petualangan Jason Bourne memang seharusnya dicukupkan di film ketiga, keputusan tersebut memang sempat diambil dengan dirilisnya film keempat The Bourne Legacy di mana tokoh utama diisi oleh Jeremy Renner, dan Matt Damon tidak terlibat dalam film tersebut. Akan tetapi hasil tidak memuaskan diterima film tersebut.

Dengan konflik utama tentang pencarian jati diri yang terus dieksploitasi di tiga film pertamanya, film ini seharusnya bisa menampilkan hal selain itu. Dari trailer-trailernya pun tersirat jika tokoh Jason Bourne sudah tak lagi mencari jati dirinya. Tapi tak jarang, agar tidak kecewa, kita cukup nonton film dari trailernya saja.

Apa yang disajikan Jason Bourne masih tentang jati diri sang mantan agen khusus CIA bernama Jason Bourne. Dalam momen-momen awal penceritaan konfliknya, sebenarnya film ini mampu membawa hal yang baru, sehingga saya nontonnya jadi optimis mengenai motivasi tokoh utama untuk menyudahi pelariannya. Tapi semakin ke tengah ceritanya kembali ke masalah jati diri Jason Bourne.

alicia-vikander-tomy-lee-jones-jason-bourne

Meskipun kesannya kritik di atas memandang negatif Jason Bourne, film ini masih sangat bisa dinikmati. Bagi penikmat film aksi, spionase, Jason Bourne masih sangat bisa dinikmati. Teknik-teknik bertahan hidup dan jenis-jenis senjata serta alat-alat canggih dalam film tersebut cukup membawa imajinasi penonton ke sebuah perang antar badan intelijen dunia.

Meskipun secara pribadi saya belum bisa mengkonfirmasi apakah tampilan visual teknologi dalam film tersebut benar-benar nyata, tapi apa yang ada dalam film tersebut cukup bisa dipercaya.

Jason Bourne masih memiliki keahlian-keahlian menakjubkan yang selalu disajikan dalam film-film nya. Dalam kalimat lain, jika seseorang berpikir 2 langkah ke depan, Jason Bourne sudah melakukan 4 langkah lebih maju.

Keputusan perilisan film kelima ini tidak mungkin bisa terlepas dari alasan bisnis. Jika film ini nantinya menghasilkan pendapatan global yang bisa dianggap sukses, bukan tidak mungkin film ini awal dari sebuah trilogi baru. Menurut saya sih tidak perlu, menurut filmmania gimana?

 

Rating 5.5/10

Jason Bourne

Sutradara                     : Paul Greengrass

Penulis Skenario          : Paul Greengrass & Christopher Rouse

Studio                                     : Universal Pictures

Pemeran                      : Matt Damon, Tommy Lee Jones, Alicia Vikander, Vincent Cassel, dan Julia Stiles.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *