UI Film Festival 2016 Ajak Mahasiswa Bangun Budaya Menonton

KamusfilmUI Film Festival (UIFF) akan kembali digelar tahun ini. Acara yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sinematografi Universitas Indonesia (UI)  untuk kali ketiga akan menyelenggarakan pesta perfilman yang menjadikan mahasiswa sebagai fokus utamanya. Selain menjadi ajang berkarya dalam bidang perfilman, UIFF 2016 akan mengadakan diskusi, serta berupaya membangun budaya menonton dengan berbgai program layar tancap.

UIFF 2016 akan terdiri dari 3 program utama, yang pertama adalah kompetisi. UIFF 2016 akan menyelenggarakan kompetisi film pendek yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif di Indonesia (baca detailnya di sini).

Program kedua adalah Kuratorial, program ini dibagi menjadi tiga sub-program, yang pertama adalah Mosean Pictures; sebuah acara penayangan film-film pendek yang memiliki latar belakang cerita di Negara-negara ASEAN. Progam ini dibuat dalam rangka menyambut Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

Sub-program Kuratorial yang kedua adalah Sinema Kaki Lima; acara ini akan menayangkan film panjang pilihan dan terbuka untuk umum, bukan hanya mahasiswa, masyarakat umum bisa datang dan menonton film di sini. Acara ini akan mengangkat konsep layar tancap, dan akan diramaikan dengan jajanan tradisional.

Sub-program Kuratorial ketiga adalah Acara Komunitas; UIFF 2016 mengajak komunitas yang mendaftar untuk berkumpul dan melihat film-film pendek dari sineas Indonesia. Di acara ini para komunitas akan saling memperkenalkan diri dan turut memeriahkan acara.

Program utama ketiga adalah Program Diskusi, yang dibagi dalam dua sub-program, Sociopolitica dan Mahasiswa Bicara Film. Sociopolitica akan mengajak pembicara atau filmmaker untuk membahas dan mengkaji sebuah film yang sebelumnya sudah ditonton bersama.

mahasiswa-bicara-film

Mahasiswa Bicara Film merupakan program unggulan yang diadakan pertama kali tahun lalu. Dalam sesi ini wakil dari mahasiswa, komunitas (baik dari dalam atau luar kampus) berkumpul untuk membahas berbagai topik seputar film. Peserta untuk Mahasiswa Bicara Film diambil dari mahasiswa atau komunitas yang mengurimkan esai sesuai topik yang ditentukan. Detail mengenai Mahasiswa Bicara Film bisa dilihat di sini (bit.ly/RequirementMBF2016) dan pendaftaranya dibuka dari 19 Juni hingga 25 Juli.

Hasil dari kedua program diskusi di atas nantinya akan dipublikasikan melalui situs resmi dan media sosial.

Juri uiff 2016

Dari segi juri UI Film Festival 2016 akan sangat menarik peserta atau penonton. Festival ini sudah memastikan tiga nama besar dalam dunia film pendek. Mereka adalah Wregas Bhanuteja, Makbul Mubarak, dan Ninndi Laras. Oleh karena itu kosongkan jadwal filmmania semua pada 20-24 September 2016, karena pada tanggal itulah UIFF 2016 akan diadakan.

Info lebih lanjut kunjungi situs resmi UIFF 2016.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *