Perbandingan Fakta dan Fiksi The Conjuring 2 Dengan Kisah Aslinya

Kamusfilm – Perbandingan fakta dan fiksi The Conjuring 2 dengan kisah aslinya sangat menarik untuk diperbincangkan. Sutradara James Wan sendiri sudah memastikan bahwa film The Conjuring 2 murni sebuah film horor fiksi, tapi dengan kenyataan bahwa ceritanya diadaptasi dari sebuah kejadian supernatural nyata di Enfield, London maka sangatlah menarik untuk membandingkan keduanya.

Peringatan: Artikel ini akan memuat spoiler The Conjuring 2, bagi filmmania yang belum nonton filmnya dan tidak berkenan membaca spoiler, bisa berhenti membaca di sini dan cari artikel menarik lainnya di Kamusfilm.

Jannet Hodgson sedang kerusupan dan Ed Warren harus berusaha mengusir iblis yang menguasai Janet.

Jannet Hodgson sedang kerusupan dan Ed Warren harus berusaha mengusir iblis yang menguasai Janet.

SALIB TERBALIK – FIKTIF

Salah satu hal seram yang sudah digambarkan sejak di trailer-trailer The Conjuring 2 adalah bagaimana kekuatan iblis mampu membalikkan symbol salib yang ditempel di dinding-dinding kamar. Dibandingkan kejadian nyatanya, tidak ada fakta apapun yang menunjukkan hal itu benar-benar terjadi.

LEMARI BERGERAK – FAKTA

Salah satu sekuens horor dalam filmnya menunjukkan sebuah lemari laci kayu bergerak dengan sendirinya. Meskipun tidak bisa dipastikan apa yang terjadi di filmnya persis dengan kejadian nyatanya, tapi Janet Hodgson mengkonfirmasikan hal ini.

“Semuanya berawal dari kamar bagian belakang, lemari laci kayunya bergerak dengan sendirinya, dan saya bisa mendengar decitan kayunya. Kami melaporkan hal ini kepada ibu (Peggy Hodgson), dan dia memutuskan untuk memeriksanya. Dia (ibu) melihat sendiri laci kayu itu bergerak, saat ia mencoba menahannya, dia tak kuasa,” cerita Janet, seperti dikutip Inquistr.

the-conjuring-2

JANET MENGAMBANG – FAKTA

Salah satu hal yang membuat kasus supernatural ini sangat terkenal adalah berita yang mengungkapkan Janet Hodgson yang kesurupan bisa terbang, atau mengambang di udara. Mengenai pertanyaan nyata atau tidaknya hal ini, Janet pernah menceritakan perasaannya saat mengambang di udara dalam rekaman dokumenter. Menurut Janet momen-momen melayang itu sangat menakutkan, dia ingat saat korden secara misterius melilit lehernya “kupikir waktu itu aku akan tewas,” cerita Janet.

PORSI BESAR KETERLIBATAN ED & LORRAINE WARREN –  FIKTIF

Sepertinya langkah James Wan menyebut film ini sebuah film fiksi adalah langkah yang bijaksana. Karena dalam kenyataanya Ed dan Lorraine Warren hanya salah satu dari banyak paranormal yang melakukan investigasi kasus supernatural tersebut. Hal ini dikonfirmasi sendiri oleh Janet. Guy Lyon Playfair, salah satu paranormal pertama yang menyelidiki kasus Janet meng-klaim bahwa Ed dan Lorraine Warren hanya mengunjungi kediaman Janet selama satu hari.

Janet Hodgson, orang tua tunggal yang rumahnya ternyata juga dihuni iblis jahat.

Janet Hodgson, orang tua tunggal yang rumahnya ternyata juga dihuni iblis jahat.

BERMAIN OUIJA – FAKTA

Janet mengaku bahwa ia memang pernah bermain papan Ouija sebelum kejadian gangguan setan muncul di rumah yang ditinggalinya.

HANTU BILL WILKINS – FAKTA

Dalam filmnya dimunculkan hantu bernama Bill Wilkins. Nama ini benar-benar ada di kejadian nyatanya. Diceritakan Bill Wilkins adalah pria yang meninggal di sebuah kursi setelah menderita pendarahan di otaknya. Hantu Bill Wilkins ini juga dianggap benar-benar merasuki Janet. Hal ini diungkapkan dari salah satu rekaman suara saat Janet kesurupan ia menjelaskan bagaimana dirinya meninggal. Penjelasannya sama seperti kejadian meninggalnya Bill Wilkins.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *