Review Film My Stupid Boss: Sketsa Komedi yang Memiliki Value

My Stupid Boss merupakan film Indonesia yang dirilis 19 Mei 2016. Diproduksi oleh Falcon Pictures, film ini disutradarai oleh Upi. Jika Filmmania merasa pernah mendengar judulnya, tak perlu heran. Film ini diadaptasi dari novel komedi populer dengan judul yang sama, karya penulis dengan nama pena Chaos@Work.

Film ini mengisahkan hubungan kerja antara seorang sekertaris kantor, dengan bosnya yang memiliki karakter super aneh dan menyebalkan. Sang bos yang dipanggil Bossman (Reza Rahadian) adalah sosok yang mau menang sendiri, sok tahu, sok pintar, tidak percaya dengan niat baik siapapun dan yang paling menjengkelkan itu gambaran pelitnya Bossman. Hal ini membuat Diana (Bunga Citra Lestari), sekertarisnya itu stress, makan ati setiap waktu.

my-stupid-boss-review

Di judul review ini saya menyebut filmnya sebuah sketsa komedi. Iya, karena kalau dari sudut pandang saya, filmnya itu seperti sebuah kumpulan sketsa pengalaman hidup Diana, persis seperti bukunya. Komedi tiap sketsanya ngena banget, lucunya berasa nggak kampungan.

Nah, dari tiap sketsa komedi hidupnya Diana ini digabung jadi satu kesatuan cerita komedi. Di sini saya melihat ada sedikit kelemahan, alur penceritaannya kurang maksimal, ada beberapa kejadian yang (mungkin) efek komedinya bisa lebih pecah jadi biasa saja karena dipotong. Jadi lebih berasa gitu model sketsa nya.

My Stupid Boss ini merupakan film yang menampilkan dua budaya, Indonesia dan melayu Malaysia, karena latar tempatnya Malaysia. Dua gabungan ini menjadi komposisi unik tersendiri bagi filmnya, khususnya dari segi dialog. Permainan jenis bahasa yg digambarkan Bossman menambah unsur jenaka film ini.

Unsur sketsa film ini semakin terasa karena cerita intinya terjadi di dua tempat saja, yaitu kantor dan rumah. Di sinilah tim produksi jeli membuat latar tempat yang berasa khas. Kantor tempat Diana bekerja digambarkan sempit, tidak modern dan monokrom. Hal ini dikontraskan dengan sosok Diana dan rumahnya yang  fullcolor, mulai dari warna tembok, hingga perabotan seluruhnya fullcolor.

Overall My Stupid Boss film drama komedi yang recommended banget untuk ditonton. Komedinya ringan tapi ngena dan tidak berasa klise. Secara cerita keseluruhan pun bisa dibilang oke dan positif. Dari segi pemain, akting Reza Rahadian dan BCL tak perlu diragukan lagi. Mereka memang bertalenta dan bisa jadi siapa saja.

Nilai versi Kamusfilm : 7 dari 10.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *